Find Us On Social Media :

Mengapa Bung Hatta Dimasukkan sebagai Penggerak dalam Sejarah Indonesia? Simak Penjelasannya!

By Ade S, Minggu, 9 April 2023 | 06:56 WIB

Suasana pengunjung di Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta di Jl. Soekarno Hatta No.37, Bukittinggi, Sumatera Barat, Minggu (30/4/2017). Mengapa Bung Hatta dimasukkan sebagai salah satu penggerak dalam sejarah Indonesia?

Intisari-Online.com - Dalam buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMA Kelas X Tema 01 Sejarah Indonesia: Manusai Ruang dan Waktu terdapat ulasan tentang sosok Muhammad Hatta.

Lewat Lembar Aktivitas 3 kita diajak untuk mengenal salah satu dari proklamator kemerdekaan Indonesia tersebut.

Salah satu pertanyaan yang adalah: Menurut pendapat kalian, mengapa Bung Hatta dimasukkan sebagai salah satu penggerak dalam sejarah Indonesia?

Apakah sudah menemukan jawaban untuk pertanyaan tersebut? Jika belum, mari kita sama-sama membahasnya.

Sosok Bung Hatta

Melansir bunghatta.ac.id, Bung Hatta lahir dengan nama Mohammad Athar pada 12 Agustus 1902 di Bukittinggi, Sumatra Barat.

Beliau menempuh pendidikan dasar di Europeesche Lagere School (ELS) dan Meer Uitgebreid Lagere Onderwijs (MULO) di Bukittinggi.

Selanjutnya, Bung Hatta melanjutkan pendidikan menengahnya di Algemene Middelbare School (AMS) di Batavia (sekarang Jakarta).

Pada tahun 1921, Bung Hatta mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan tingginya di Belanda. Ia memilih jurusan ekonomi di Universitas Erasmus Rotterdam.

Dari sinilah Bung Hatta mulai muncul menjadi salah satu tokoh penggerak sejarah Indonesia.

Baca Juga: Mengapa Bung Hatta Dimasukkan sebagai Penggerak dalam Sejarah Indonesia?