Find Us On Social Media :

Dijuluki Macan Asia Oleh Belanda, Begini Kehebatan Legiun Mangkunegara Pasukan Elite Ala Jawa

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 5 April 2023 | 17:17 WIB

Belanda menyebut Legiun Mangkunegaran sebagai Macan Asia. Pasukan elite ala Jawa ini pernah berperang di beberapa pertempuran.

Belanda menyebut Legiun Mangkunegaran sebagai Macan Asia. Pasukan elite ala Jawa ini pernah berperang di beberapa pertempuran.

Intisari-Online.com - Legiun Mangkunegaran tak hanya dikagumi kalangan dalam negeri.

Belanda juga memuji pasukan elite bikinan Mangkunegara II itu.

Bagaimana kehebatan Legiun Mangkunegaran?

Legiun Mangkunegaran adalah bala tentara milik Praja Mangkunegaran yang pernah menjadi kesatuan militer terbaik di Asia pada masanya.

Legiun Mangkunegaran dibentuk oleh Mangkunegara II pada 1808 dengan mengadopsi militer Prancis, Grande Armee, yang menjadi angkatan darat terkuat di dunia saat itu.

Hasilnya, Legiun Mangkunegaran berkembang menjadi kesatuan militer terbaik dan paling modern di Asia yang mampu memenangkan banyak pertempuran.

Legiun Mangkunegaran dijuluki sebagai Macan Asia oleh Belanda karena kehebatan mereka dalam bertempur dan kemampuan mereka yang setara dengan militer Eropa pada masanya.

Legiun Mangkunegaran dapat ditelusuri dari tradisi kemiliteran yang diletakkan oleh Pangeran Sambernyawa atau Mangkunegara I.

Selama Mangkunegara I berkuasa (1757-1795), terdapat pasukan gerilya yang berjuang sebagai satuan militer Praja Mangkunegaran.

Pasukan tersebut kemudian dikembangkan oleh Mangkunegara II menjadi Legiun Mangkunegaran pada 1808.

Legiun Mangkunegaran dibentuk dengan mengadopsi persenjataan, taktik, organisasi, hingga penampilan fisik Grande Armee, yang berada di bawah pimpinan Napoleon Bonaparte.