Find Us On Social Media :

Jadi Klub Sepakbola Tertua Di Indonesia, PSM Makassar Akhirnya Juara Liga Indonesia Setelah 23 Tahun

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 1 April 2023 | 14:17 WIB

PSM Makassar yang lahir pada 1915 menjadi klub sepakbola tertua di Indonesia, baru saja menyudahi puasa gelar Liga Indonesia.

PSM Makassar yang lahir pada 1915 menjadi klub sepakbola tertua di Indonesia, baru saja menyudahi puasa gelar Liga Indonesia.

Intisari-Online.com - Setelah 23 tahun, PSM Makassar akhirnya menyudahi puasa gelar kompetisi tertinggi di Indonesia.

Tim Juku Eja memastikan diri jadi juara Liga 1 setelah mengandaskan tuan rumah Madura United dengan skor 1-3.

Bagaimana sejarah PSM Makassar?

PSM Makassar didirikan pada tahun 1915 sebagai Macassarche Voetbalbond (MVB).

Hal ini membuat PSM menjadi klub sepak bola tertua di Indonesia.

Saat ini klub tersebut bermain di BRI Liga 1.

Walaupun berbasis di Kota Makassar, saat ini PSM memainkan laga kandangnya bukan di Kota Makassar, melainkan berkandang di Stadion Gelora B. J. Habibie, Kota Parepare.

Tim ini berjuluk Juku Eja bahasa Makassar atau ‘Ikan Merah’ berdasar pada warna kostum yang mereka kenakan, yang juga sebagai hewan endemik Makassar.

Dan Ayam Jantan Dari Timur atau dalam bahasa Belandanya yaitu De Haantjes van Het Osten merujuk ke tokoh Sultan Hasanuddin sebagai Raja Gowa ke-XVI juga sebagai Pahlawan nasional Republik Indonesia.

Sebuah julukan yang diberikan oleh Belanda, atas kegigihannya dalam berjuang pantang menyerah dalam melawan VOC Belanda.

PSM Makassar telah meraih beberapa prestasi seperti Juara Liga Indonesia pada tahun 20002, dan baru-baru ini berhasil meraih gelar juara Liga 1 setelah menanti selama 23 tahun.