Find Us On Social Media :

Timnas U-20 Israel Ditolak di Indonesia, Ini Alasan Indonesia Sulit Berdamai dengan Israel

By Afif Khoirul M, Minggu, 26 Maret 2023 | 17:10 WIB

Ilustrasi - Timnas Israel ditolak bermain di Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Intisari-online.com - Belakangan ini ramai kabar penolakan Timnas U-20 Israel untuk bermain di Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan di Indonesia.

Penolakan tersebut dilontarkan oleh sejumlah pihak seperti Said Aqil dan Ganjar Pranowo.

Misalnya Ganjar Pranowo menolak Timnas Israel bermain di Indonesia karena sebagai wujud dari komitmen bersama dengan Palestina.

Bahkan ia menyebut mengenai amanat Presiden Soekarno tentang penolakan Timnas Israel bermain di Indonesia.

Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok, dan maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi ya kita ikut amanat beliau," ujar Ganjar, Kamis (23/3/2023).

Untuk itu, ia mendukung adanya terobosan agar Piala Dunia U20 tetap berjalan tanpa kehadiran Israel.

Sementara Said Aqil Mantan Ketua Umum Nahdlatul Ulama (NU) Indonesia juga melontarkan penolakan.

Ia mengatakan bahwa penolakan kehadiran Israel banyak diungkapkan oleh banyak Kiai. Sebab hal itu sudah tercantum dalam Al-Quran.

"Saya pribadi dan banyak sekali kiai seperti saya, menolak kedatangan Israel. Itu Al-Qur'an. Kita ini manusia, siapa sih kita bisa melawan Al-Qur'an. Itu ada ayatnya," katanya.

Meski memang tak bisa berdamai dengan Indonesia, sejumlah negara Arab justru sudah mulai membuka hubungan dengan negara Yahudi tersebut.

Pada September 2020, dunia menyaksikan penandatanganan kesepakatan damai bersejarah antara Israel, Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain di Gedung Putih, Washington D.C. 

Baca Juga: Negaranya Porak Poranda, Ukraina Ternyata Hampir Borong Iron Dome, Gagal Karena Israel Takut Rusia Lakukan Ini