Find Us On Social Media :

Si Putih, Gadis Tomboi Atau Pria Kemayu Penunjuk Jalan Soedirman?

By Andreas Chris Febrianto Nugroho, Selasa, 25 April 2023 | 06:15 WIB

Jenderal Soedirman kala memimpin perang gerilya terhadap Agresi Militer II Belanda.

Intisari Online - Dalam perjuangan Jenderal Besar Soedirman memang tak masih banyak yang menjadi teka-teki.

Salah satunya terkait sosok penunjuk jalan bagi kelompok Jenderal Soedirman saat tengah bergerilya melewati hutan dan pegunungan.

Termasuk sosok penunjuk jalan yang dikenal oleh para pengikut Soedirman dengan sapaan si Putih.

Kisah si Putih bahkan sampai saat ini masih menjadi misteri lantaran belum diketahui siapakah sosok penunjuk jalan bagi Jenderal Soedirman tersebut.

Dalam buku yang berjudul, "Soedirman Prajurit TNI Teladan", menceritakan kisah unik namun tetap heroik yang dilakukan oleh si Putih.

Perjalanan gerilya Jenderal Soedirman dipandu oleh seorang pemandu jalan bernama 'si Putih', mungkin hanya nama sapaan.

Pada 24 Januari 1949 malam, Kapten Tjokropranolo, pengawal Soedirman memutuskan jalan dari Desa Jambu menuju Warungbung, salah satu nama dusun di daerah antara Trenggalek dan Ponorogo.

Disekitar wilayah tersebut ternyata juga dipakai oleh tentara Belanda sebagai markas.

Markas Belanda tersebut terletak di Kasugihan, jaraknya kurang lebih 1,5 kilometer dari tempat peristirahatan Soedirman dan pasukannya.

Penduduk setempat menyarankan kepada tentara Indonesia untuk keesokan harinya segera bergegas berpindah tempat agar tidak ketahuan oleh tentara Belanda.

Esok hari pada 25 Januari 1949, suara kendaraan militer Belanda terdengar begitu dekat dengan rombongan Jenderal Soedirman.

Baca Juga: Soeharto, Jenderal A.H. Nasution dan Jenderal Soedirman, Tiga Nama Pemegang Pangkat Kehormatan TNI Angkatan Darat, Bagaimana Kiprahnya?