Find Us On Social Media :

Madura Tidak Termasuk Suku Jawa, Kenapa Bisa Begitu?

By Yoyok Prima Maulana, Kamis, 11 Mei 2023 | 08:45 WIB

Asal usul Suku Madura yang satu nenek moyang dengan Suku Jawa.

Intisari-Online.com - Madura adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa dan merupakan bagian dari Provinsi Jawa Timur.

Pulau ini memiliki penduduk yang mayoritas berasal dari Suku Madura, sebuah kelompok etnis yang memiliki keunikan adat dan budaya sendiri.

Namun, apakah Suku Madura sebenarnya bagian dari Suku Jawa yang terpisah atau memiliki asal-usul yang berbeda?

Suku Madura, seperti kebanyakan kelompok etnis Indonesia lainnya, termasuk dalam bangsa Austronesia yang leluhurnya berasal dari Taiwan dan bermigrasi melalui Filipina untuk mencapai Indonesia.

Menurut beberapa sumber sejarah, Suku Madura pertama kali muncul di pantai Madura dan memiliki nenek moyang yang sama dengan Suku Jawa, yaitu bangsa Austronesia dari Taiwan.

Namun, karena kondisi topografi dan geografis yang berbeda, Suku Madura dan Suku Jawa mengembangkan budaya dan bahasa yang berbeda pula.

Suku Madura dikenal sebagai suku yang keras, ulet, mandiri, dan gemar merantau.

Hal ini diduga dipengaruhi oleh kondisi alam Pulau Madura yang tandus, kering, dan kurang subur, sehingga mendorong penduduknya untuk mencari penghidupan di tempat lain.

Suku Madura juga memiliki tradisi dan kebudayaan yang khas, seperti kerapan sapi, karapan sapi, tari topeng, musik saronen, batik madura, pisau belati madura, dan lain-lain.

Suku Madura memiliki bahasa sendiri yang disebut Bahasa Madura.

Bahasa ini termasuk dalam rumpun bahasa Melayu-Polinesia Barat Daya dan memiliki beberapa dialek, seperti dialek Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Bawean, Kangean, Masalembu, dan Sapudi.

Bahasa Madura memiliki perbedaan fonologi, morfologi, sintaksis, dan kosakata dengan Bahasa Jawa.