Find Us On Social Media :

5 Negara dengan Tingkat Kemakmuran Terendah di Dunia Menurut Legatum Institute

By Ade Sulaeman, Selasa, 12 Januari 2016 | 14:30 WIB

5 Negara dengan Tingkat Kemakmuran Terendah di Dunia Menurut Legatum Institute

Intisari-Online.com - Setiap tahun, Legatum Institute, sebuah lembaga yang berbasis di London, mengumumkan Indeks Kemakmuran tahunan. Indeks ini berisi 142 negara yang diurutkan berdasarkan kemakmuran mereka.

Kemakmuran dalam indeks ini tidak hanya berbicara tentang uang, namun melibatkan 89 variabel yang berbeda. Mulai dari indikator seperti tingkat pengangguran suatu negara hingga seberapa besar kebebasan politik yang dirasa dimiliki oleh masyarakat tersebut.

Data tersebut kemudian dipecah menjadi delapan subindex - ekonomi, kewirausahaan dan kesempatan, tata kelola, pendidikan, kesehatan, keselamatan dan keamanan, kebebasan pribadi, dan modal sosial. Masing-masing diberi skor untuk kemudian kemakmuran negara dihitung.

Nah, berikut ini 5 negara dengan tingkat kemakmuran terendah di dunia menurut Legatum Institute.

5. Burundi

Hanya tiga negara dalam Indeks Kemakmuran yang memiliki skor terendah dalam subindex ekonomi tahun ini. Ditambah dengan modal sosial dan kesehatan yang rendah, Burundi ditempatkan di peringkat ke 138 dari 142 negara dalam indeks lengkap.

4. Chad

Tahun lalu hanya Republik Afrika Tengah yang lebih buruk dari Chad dalam hal kemakmuran, tapi tahun ini, berkat predikat sebagai negara ke-76 dalam peringkat perbaikan ekonomi terbaik, Chad telah naik dua tempat. Sayanyng negara ini masih mencetak peringkat terburuk di empat subindexes lainnya.

3. Haiti

Haiti tidak pernah benar-benar pulih dari gempa bumi yang melanda negara itu pada tahun 2010, dan peringkat kesehatan yang mengerikan, bersama dengan tata pemerintahan yang buruk dan rendahnya tingkat kebebasan pribadi membuat peringkat mereka jatuh lima tingkat menjadi peringkat ke 140 dari 142 negara tahun ini.

2. Afghanistan

Dilanda perang selama puluhan tahun, rasanya tidak mengherankan jika Afghanistan berada di peringkat terburuk dalam hal pemerintahan terburuk. Selain itu, keselamatan dan keamanan mereka juga di peringkat terburuk kedua. Faktor-faktor ini, dikombinasikan dengan subindex ekonomi yang buruk, membuat Afghanistan hanya ada satu tingkat di atas negara dengan kemakmuran terburuk.