Find Us On Social Media :

Kumpulan Soal TWK Sejarah CPNS dan Kunci Jawabannya (Bagian 23)

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 3 Maret 2023 | 16:53 WIB

Kumpulan Soal TWK Sejarah CPNS dan Kunci Jawabannya

Intisari-Online.com - Apakah Anda sedang mencari kumpulan soal TWK Sejarah?

Soal TWK Sejarah dapat mencakup banyak pembahasan.

Namun sebelum mengetahui berbagai soal TWK Sejarah, Anda harus tahu bahwa TWK dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

Berikut Contoh Soal TWK Sejarah Indonesia dan Pembahasannya:

201. Apa yang dimaksud referendum...

a) Referendum adalah kegiatan untuk meminta pendapat rakyat secara langsung yang menyatakan setuju atau tidak setuju terhadap kehendak MPR untuk mengubah UUD 1945b) Referendum adalah kegiatan untuk meminta pendapat rakyat secara langsung yang menyatakan setuju atau tidak setuju untuk menyatakan perang.c) Referendum adalah kegiatan untuk meminta pendapat rakyat secara langsung yang menyatakan setuju atau tidak setuju untuk meminjam bantuan ekonomid) Semua jawaban salah.e) a dan c benar.

Jawaban: AReferendum adalah kegiatan untuk meminta pendapat rakyat secara langsungyang menyatakan setuju atau tidak setuju terhadap kehendak MPR untukmengubah UUD 1945.

202. Penugasan dari pemerintah kepada daerah dan desa, dan dari daerah ke desa untuk melaksanakan tugas tertentu yang disertai pembiayaan, sarana, dan pra sarana serta sumber daya manusia dengan kewajiban melaporkan pelaksanaannya dan mempertanggung-jawabkan kepada yang menugaskan merupakan bentuk pengaplikasian asas penyelenggaraan otonomi daerah, yaitu ...

a) Asas Tugas Perbantuanb) Asas Desentralisasic) Asas Dekonsentrasid) Asas Efisiensie) Asas Keterbukaan

Jawaban: A

Asas tugas pembantuan adalah penugasan dari pemerintah kepada daerah dan desa, dan dari daerah ke desa untuk melaksanakan tugas tertentu yang disertai pembiayaan, sarana, dan prasarana serta sumber daya manusia dengan kewajiban melaporkan pelaksanaannya danmempertanggungjawabkan kepada yang menugaskan.

Baca Juga: Kumpulan Soal TWK Sejarah CPNS dan Kunci Jawabannya (Bagian 22)