Find Us On Social Media :

Kumpulan Soal TWK Sejarah CPNS dan Kunci Jawabannya (Bagian 22)

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 2 Maret 2023 | 18:22 WIB

Kumpulan Soal TWK Sejarah CPNS dan Kunci Jawabannya

Intisari-Online.com - Apakah Anda sedang mencari kumpulan soal TWK Sejarah?

Soal TWK Sejarah dapat mencakup banyak pembahasan.

Namun sebelum mengetahui berbagai soal TWK Sejarah, Anda harus tahu bahwa TWK dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

Berikut Contoh Soal TWK Sejarah Indonesia dan Pembahasannya:

191. Indonesia memiliki hak untuk segala kegiatan eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam permukaan laut, di dasar laut, dan di bawah laut serta mengadakan penelitian sumber daya hayati meupun sumber daya laut lainnya pada batas wilayah yang disebut ...a) Batas landas kontinenb) Batas laut teritorialc) Batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)d) Batas wilayah daratane) Batas wilayah negara tetanggaJawaban: CBatas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) → merupakan batas wilayah dimana Indonesia memiliki hak untuk segala kegiatan eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam permukaan laut, di dasar laut, dan di bawah laut serta mengadakan penelitian sumber daya hayati meupun sumber daya laut lainnya.192. Berikut merupakan hasil Konferensi Meja Bundar, kecuali ...a) Penyerahan kedaulatan Desember 1949b) Kedudukan RIS dan kerajaan Belanda sejajarc) RIS bebas dari pembayaran hutang-hutang Belanda sebesar 4,3 milyar gulden.d) Status Irian Barat akan dibicarakan setahun setelah pengakuankedaulatane) Belanda mengakui RIS sebagai negara yang berdaulat dan merdekaJawaban: CHasil KMB :-Belanda mengakui RIS sebagai negara yang berdaulat dan merdeka.-Penyerahan kedaulatan Desember 1949.-RIS dan Belanda akan tergabung dalam Uni Indonesia-Belanda.-Kedudukan RIS dan Kerajaan Belanda sejajar.-RIS akan mengembalikan semua hak milik dan membayar hutang-hutangBelanda setelah tahun 1942 sebesar 4,3 milyar gulden.-Status Irian Barat akan dibicarakan setahun setelah pengakuan kedaulatan.193. Hindia Belanda/ Nederlandsch- Indie berasal dari bahasa latin yang berarti ...a) Pulau seberangb) Pulau-pulau di samudra Indiac) Samudra Hindiad) India dan pulau-pulau di samudra Indiae) Kepulauan laut selatanJawaban: DBerasal dari bahasa latin indus dan nesos yang berarti India dan pulau-pulau di Samudera India.

Baca Juga: Kumpulan Soal TWK Sejarah CPNS dan Kunci Jawabannya (Bagian 13)

194. Berikut ini merupakan negara yang terbentuk melalui pemisahan diri atau separation adalah ...a) Yugoslaviab) Indiac) Jermand) Liberiae) AustraliaJawaban: BPemisahan diri atau separation merupakan terbentuknya suatu negara akibat suatu bagian wilayah ingin memisahkan diri dari suatu pemerintahan sehingga membentuk negara baru, akan tetapi hal ini berbeda dengan pemecahan.

Dalam pemisahan diri, negara yang lama tetap ada. Contohnya negara India, yang dulunya merupakan daerah yang cukup besar kemudian terjadi pemisahan beberapa wilayah menjadi India, Pakistan dan Bangladesh195. Aspek kesatuan berdasarkan sumpah pemuda yaitu...a) Aspek satu nusa, aspek satu bangsa dan aspek satu bahasab) Aspek satu nusa, aspek satu rakyat dan aspek satu bahasac) Aspek satu negara, aspek satu bangsa dan aspek satu bahasad) Aspek satu nusa, aspek satu bangsa dan aspek satu perjuangane) Aspek satu nusa, aspek satu negara dan aspek satu bahasaJawaban: AAspek kesatuan berdasarkan sumpah pemuda yaitu Aspek satu nusa, aspek satubangsa dan aspek satu bahasa.196. Pasal dalam UUD 1945 yang berkaitan dengan bhinneka tunggal ika adalah, kecuali...a) Pasal 6A ayat (3)b) Pasal 18, Pasal 18A, dan Pasal 18 Bc) Pasal 25Ad) Pasal 26 ayat (1)e) Pasal 29 ayat (1)Jawaban: EPasal dalam UUD 1945 yang berkaitan dengan bhinneka tunggal ika :– Pasal 6A ayat (3) – Pasal 18, Pasal 18A, dan Pasal 18 B – Pasal 25A – Pasal 26 ayat (1) – Pasal 29 ayat (2) – pasal 32 – pasal 36 A197. Sumpah Palapa merupakan sumpah yang dinyatakan oleh Maha patih Gajah Mada bahwa..

a) Nusantara akan bersatu dengan kekuatannyab) Tidak akan pernah beristirahat atau berhenti berpuasa sebelumNusantara bersatuc) Tidak akan berputus asa sebelum Nusantara Bersatud) Tidak akan beristirahat dan tidur sebelum wilayah nusantara bersatue) persatuan Indonesia bergantung pada kekuatan rakyatJawaban: BSumpah Palapa merupakan sumpah yang dinyatakan oleh Maha patih GajahMada bahwa Tidak akan pernah beristirahat atau berhenti berpuasa sebelumNusantara bersatu.198. Sesuai dengan ketentuan UUDS 1950, pemerintahan RI adalah ...a) Monarkib) Presidensialc) Parlementerd) Republike) Monarki absolut

Baca Juga: Kumpulan Soal TWK Sejarah CPNS dan Kunci Jawabannya (Bagian 14)

Jawaban: CSesuai dengan ketentuan UUDS 1950, pemerintahan RI adalah Parlementer.199. Menurut UUD 1945 hasil amandemen, MPR berwenang ...a) Memilih presiden dan wakil presidenb) Menetapkan sebuah undang-undangc) Membuat undang-undang dasard) Menetapkan GBHNe) Melantik presiden dan wakil presidenJawaban: EMenurut UUD 1945 hasil amandemen, MPR berwenang melantik presiden dan wakil presiden.200. Agar pembangunan dapat terarah dan bermanfaat bagi masyarakat, maka harus terpenuhi beberapa syarat. Berikut ini syarat yang harus terpenuhi, kecuali ...a) Harus demokratisb) Menghormati HAMc) Meningkatkan kebutuhan manusiad) Arahnya ditentukan oleh seluruh masyarakate) Menciptakan taraf minimum keadilan sosialJawaban: CAgar pembangunan dapat terarah dan bermanfaat bagi masyarakat, maka harus terpenuhi beberapa syarat, yakni: demokratis, menghormati HAM, arahnya ditentukan oleh seluruh masyarakat, menciptakan taraf minimum keadilan sosial.

Baca Juga: Kumpulan Soal TWK Sejarah CPNS dan Kunci Jawabannya (Bagian 15)

(*)