Find Us On Social Media :

Ini Kesepakatan tentang Dasar Negara yang Dihasilkan dari Anggota BPUPKI dengan Keragaman Latar Belakangnya

By Khaerunisa, Senin, 20 Februari 2023 | 14:35 WIB

Ilustrasi. Sidang BPUPKI.

Intisari-Online.com - Keragaman telah mewarnai kehidupan masyarakat Indonesia sejak dulu hingga sekarang.

Seperti diketahui, Indonesia merupakan Bangsa Majemuk. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya banyak suku, budaya, adat istiadat, ras, agama atau kepercayaan, dan golongan.

Meski tak dapat dipungkiri adanya keragaman dapat berpotensi menimbulkan perbedaan pendapat hingga konflik antarmasyarakat, tetapi sejauh ini Bangsa Indonesia dapat menghadapinya.

Bahkan, perbedaan pendapat atau pandangan di antara anggota masyarakat dengan latar belakang berbeda-beda telah terjadi di awal berdirinya negara Indonesia.

Itu terjadi dalam sidang BPUPKI atau Badan Penyelidik Usaha-usaha Kemerdekaan Indonesia yang bertugas mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan pembentukan negara Indonesia.

Namun, dengan adanya toleransi di antara anggota BPUPKI dengan latar belakang beragam itu, akhirnya pertemuan itu pun dapat menghasilkan kesepakatan.

Untuk diketahui, BPUPKI memiliki anggota sebanyak 70 orang yang berlatarbelakang suku dan agama yang tidak sama.

Pertanyaan yang berbunyi "Bagaimana kesepakatan tentang dasar negara yang g dihasilkan dari anggota BPUPK yang memiliki keragaman latar belakang agama dan budaya?" terdapat pada halaman 152 buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMA/SMK kelas X,

Pada bagian 3 unit 3 buku tersebut dipelajari mengenai "Kolaborasi Antarbudaya di Indonesia". Dijelaskan apa itu kolaborasi dan bagaimana kolaborasi budaya bermanfaat khususnya bagi bangsa yang memiliki keragaman seperti Indonesia. Selain itu, juga mengenai berbagai konflik yang pernah terjadi di Indonesia

Lalu, apa kesepakatan tentang dasar negara yang dihasilkan dari anggota BPUPKI yang memiliki keragaman latar belakang agama dan budaya?

Baca Juga: Cara Menunjukkan Budaya yang Ada di Indonesia, Simak Berikut Ini