Find Us On Social Media :

Enam Makanan yang Dapat Melawan Depresi

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 19 September 2015 | 15:00 WIB

Enam Makanan yang Dapat Melawan Depresi

Intisari-Online.com - Banyak pengobatan yang ditawarkan untuk kita yang mengalami depresi, mulai dari latihan pernapasan, meditasi, dan yoga. Semua kegiatan tersebut memang dapat membantu mengurangi depresi. Namun, ada satu faktor yang tidak kita sadari juga perngaruh penting, yaitu makanan. Nah, ternyata juga ada enam makanan yang dapat melawan depresi yang bisa kita konsumsi!

1. Ayam kalkun

Daging merupakan sumber protein yang baik serta mampu melawan depresi. Kali ini, ayam kalkun yang direkomendasikan. Ayam kalkun mengandung zat yang disebut tryptophan, dimana memicu sekresi serotonin, yaitu hormon yang membuat kita merasa lebih baik. Ini kemudian akan membantu menjaga pikiran kita dari hal sedih.

2. Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk tubuh, menjaga kesehatan jantung, serta meningkatkan otak. Selain itu juga dapat melawan depresi. Konsumsilah ikan, seperti salmon, tuna, dan mackerel untuk mendapatkan manfaat baiknya.

3. Kenari

Sama seperti ikan, kenari juga mengandung asam lemak omega 3. Kenari juga sumber protein dan lemak tidak jenuh. Oleh karena itu, tidak hanya akan melawan depresi, kenari juga baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah sedang.

4. Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Tidak hanya itu, kandungan asam aminonya juga disebut sebagai theanine yang berisifat anti depresi. Theanine akan membantu mengurangi stres dan memberi kesigapan seperti kafein, tetapi tidak menimbulkan efek samping berbahaya.

5. Cokelat hitam

Cokelat hitam sangat tinggi kalori, namun cokelat hitam dapat merangsang produksi serotonin, yaitu hormon perasaan baik di dalam tubuh, sehingga jika dikonsumsi akan membantu memerangi depresi

6. Kunyit

Kandungan senyawa pada kunyit, yaitu turmerones dan curcuminods memiliki banyak manfaat kesehatan. Kunyit juga bersifat anti inflamasi yang sangat baik dan memiliki kandungan yang meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

Itu dia enam makanan yang dapat melawan depresi yang bisa dijadikan referensi. Jangan lupa juga untuk berjalan-jalan agar mendapatkan kesenangan dan tidak terus-terusan bersedih yang kemudian menyebabkan kita depresi. (magforwomen.com)