Find Us On Social Media :

Manusia Pertama yang Berhasil Keliling Dunia adalah Orang Indonesia, Benarkah?

By Ade S, Sabtu, 11 Februari 2023 | 08:15 WIB

Enrique de Malacca

Intisari-Online.com - Belakangan, nama Jessica Watson banyak dicari di mesin pencari Google usai sebuah film berjudul True Spirit tayang di Netflix.

Maklum, film tersebut mengangkat kisah nyata perjalanan Jessica berkeliling dunia menggunakan perahu layar.

Wanita yang melakukan petualangan hebatnya pada usia 16 tahun tersebut menuntaskan perjalanannya berkeliling dunia dalam 210 hari.

Berangkat dari Sydney pada 18 Oktober 2009, Watson menuju timur laut, melintasi ekuator di Samudra Pasifik sebelum melintasi Samudra Atlantik dan Hindia, untuk kemudian kembali ke Sydney pada 15 Mei 2010.

Keberhasilannya ini dianggap memberikan banyak inspirasi bagi orang lain sehingga dia disebut sebagai pahlawan oleh Perdana Menteri Australia.

Berbicara tentang perjalanan berkeliling dunia, selama ini banyak yang menyangka bahwa Ferdinand Magellan merupakan sosok yang pertama kali berhasil melakukannya.

Namun, dalam artikel berjudul Magellan was first to sail around the world, right? Think Again yang diterbitkan nationalgeographic.com, anggapan tersebut disebut bisa jadi salah.

Dalam artikel tersebut, disebutkan bahwa ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa seorang penjelajah bernama Enrique de Malacca mungkin pernah berlayar mengelilingi dunia sebelum Magellan.

Sebab, dalam saat Magellan tiba di Filipina, Enrique yang tidak lain merupakan seorang budak yang dibelinya sebelum memulai perjalanan, justru bisa berbicara bahasa lokal.

Hal ini memunculkan kemungkinan besar bahwa Enrique dibesarkan di sana sebelum dirinya menjadi budak. Suatu hal yang menjadikannya, bukan Magellan, yang bisa diklaim sebagai orang pertama yang mengelilingi dunia.

Baca Juga: Jessica Watson dalam True Spirit: Suami, Sekarang, dan Label Pahlawan