Find Us On Social Media :

Ini Pengertian, Penyebab Terjadinya Diskriminasi, dan Contohnya

By Khaerunisa, Rabu, 8 Februari 2023 | 13:25 WIB

Ilustrasi. Pengertian, penyebab, dan contoh diskriminasi.

Intisari-Online.com - Apa itu diskriminasi dan apa penyebab terjadinya diskriminasi?

Pada halaman 146 buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMA/SMK Kelas XI, terdapat pertanyaan mengenai penyebab terjadinya diskriminasi.

Soal tersebut berbunyi "Mengapa diskriminasi itu terjadi? Pernahkah kalian melakukan tindakan yang mengarah pada pelabelan negatif, diskriminasi, atau intoleransi?".

Pada bagian 3 unit 1 buku tersebut dipelajari mengenai "Stereotip, Diskriminasi, dan Bullying".

Diskriminasi dijelaskan sebagai perilaku negatif atau membahayakan terhadap anggota kelompok tertentu semata-mata karena keanggotaan mereka dalam kelompok tersebut.

Swim (dalam (Byrne, 1991) menyatakan bahwa diskriminasi adalah tindakan negatif terhadap orang yang menjadi obyek prasangka seperti rasial, etnik, agama, sehingga dapat dikatakan bahwa diskriminasi adalah prejudice in action.

Sementara itu dilansir dari buku Kamus Sosiologi (2012) karya Agung Tri Haryanto dan Eko Sujatmiko, diskriminasi adalah sikap membedakan secara sengaja terhadap golongan-golongan yang berhubungan dengan kepentingan tertentu.

Pembedaan tersebut biasanya didasarkan pada agama, etnis, suku, dan ras. Diskriminasi cenderung dilakukan oleh kelompok mayoritas terhadap kelompok minoritas.

Sikap diskriminasi muncul atau terjadi saat seseorang tidak memiliki sikap toleransi atau menghargai perbedaan.

Ada dua jenis diskriminasi yang sering dilakukan dalam kehidupan masyarakat, di antaranya rasisme dan seksisme.

Rasisme menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, merupakan paham bahwa ras diri sendiri adalah ras yang paling unggul. Ras lain diluar rasnya sendiri dipandang sebagai ras yang rendah.

Baca Juga: Penjelasan Bidang Apa Saja yang Termasuk dalam Sengketa Internasional