Find Us On Social Media :

2 Menu Sarapan yang Buruk dan Harus Dihindari

By Ilham Pradipta M., Rabu, 9 Desember 2015 | 06:00 WIB

2 Menu Sarapan yang Buruk dan Harus Dihindari

Intisari-Online.com – Sarapan merupakah hal penting yang perlu kita lakukan tiap harinya. Aktivitas kecil ini tidak bisa dianggap sepele, karena sarapan dapat memenuhi dua kebutuhan kita sekaligus, yaitu fisiologis dan psikologis.

Sarapan bagi anak-anak dan orang dewasa sangat bermanfaat bagi tubuh. kemungkinan untuk terjadinya kelebihan berat badan atau obesitas dapat dicegah dengan hal tersebut. Selain itu sarapan juga dapat menjaga konsentrasi kita jadi lebih baik. Karena tubuh kita tak ubahnya seperti sebuah mobil yang tak akan dapat berjalan tanpa bahan bakar.

Protein di pagi hari akan membantu kita untuk menjalani berbagai aktivitas. Selain itu protein juga berguna untuk membantu membangun dan memperbaiki jaringan pada tubuh kita. Peran karbohdirat juga tak kalah penting . Tanpa karbohidrat kita tak akan memiliki tenaga yang cukup untuk menjalani berbagai aktivitas.

Berikut ini adalah jenis-jenis menu sarapan yang baik bagi tubuh kita serta menu yang perlu kita hindari.

Menu sarapan yang baik:

  1. Oatmeal: Memulai pagi hari dengan mengkonsumsi oatmeal sangat bagus bagi tubuh. Makanan ini tinggi serat dan membantu menurunkan kolestrol. Oatmeal juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dan menstabilkan gula darah.
  2. Sereal: Sereal juga baik sebagai menu sarapan kita, tapi kita perlu memperhatikan komposisinya. Sebaiknya perbandingan karbohidrat dan gula tidak lebih dari 4:1 (24 gram karbohidrat : 6 gram gula).
  3. Telur: Tentu kita tidak asing dengan menu sarapan ini. Telur tinggi protein dan gizi yang padat dengan nutrisi penting seperti omega-3.
  4. Susu: Susu juga baik untuk menjaga kebutuhan kalsium dalam tubuh. Tapi alangkah lebih baik jika kita memilih susu rendah lemak.

Menu sarapan yang buruk:

  1. Sereal: Ternyata tidak semua sereal baik buat kesehatan. Kita juga perlu memperhatikan kandungan yang ada dalam sereal itu. Kita perlu menghidari sereal yang mengandung zat pewarna, kandungan gula yang tinggi, dan lemak jenuh.
  2. Jus: Jus kemasan memiliki gula yang cukup tinggi. Hal itu membuat kita cepat merasa haus dan lapar. Apabila kita ingin mengkonsumsi jus di pagi hari sebaiknya kita memlih jus dari buah yang segar.

Sekarang kita telah memiliki berbagai pilihan menu sarapan yang baik. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk melewatkan makan di pagi hari.

(Huffingtonpost.com)