Find Us On Social Media :

Ini Dia Lima 'Superfood' yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Tubuh

By Ilham Pradipta M., Jumat, 15 Januari 2016 | 06:00 WIB

Ini Dia Lima 'Superfood' yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Intisari-Online.com - Makanan beragam dan bergizi adalah kunci untuk tetap sehat. Menurut para ahli terdapat beberapa makanan yang dapat kita kombinasikan, dan membuatnya menjadi superfood. Idenya, beberapa makanan dapat dikombinasikan dengan berbagai cara untuk memberikan nilai lebih. Berikut superfood tersebut:

1.Kacang hitam + paprika merah. Kacang hitam merupakan sumber yang baik dari zat besi. Zat besi yang terkandung dalam tumbuhan memiliki manfaat yang berbeda dengan zat besi yang bersumber dari hewan. Zat besi yang bersumber dari tumbuhan dikenal dengan non-heme iron. Sedangkan paprika merah merupakan makanan yang kaya vitamin C. Paprika dapat meningkatkan penyerapan zat besi non-heme enam kali lipat. Kita dapat memasukan kacang-kancangan dan dilengkapi dengan parprika merah yang ditumis.

2.Tomat + minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung lemak sehat yang meningkatkan kolestrol baik (HDL). Selain itu, minyak ini juga menurunkan kolerstrok buruk (LDL) yang dapat menyumbat arteri kita. Ketika dipasangkan denga tomat, ia memiliki kekuatan super bahkan lebih. Minyak zaitun juga dapat mengangkat aktivitas antioksidan lycopene dalam tomant.

3. Solmon + collard greens. Untuk mendapatkan asupan kalsium yang maksimal, mengonsumsi vitamin D adalah kuncinya. Vitamin D membantu menyerap kalsium dari saluran cerna ke dalam darah. Salmon juga dapat kita pilih untuk memperoleh vitamin D. Kita dapat mengombinasikan salmon dengan collard greens (seperti brokoli dan kubis), yang akan memperkaya kalsium bagi tulang.

4. Brokoli + tomat. Ketika dikombinasikan, kedua makanan itu memiliki beberapa kekuatan untuk melawan kanker. Para ahli menemukan bahwa diet yang mengandung tomat dan brokoli sebesar 10 persen, dapat menurunkan 52 persen risiko terjangkit tumor.

5. Cokelat hitam + apel. Kombinasi dari cokelat hitam dan apel memiliki potensi untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Dalam kulit apel merah mengandung flavonoid quercetin yang bertindak sebagai antiinflamasi. Di dalam cokelat hitam juga kaya akan catechins, antioksidan yang berperan untuk pencegahan pengerasan arteri. Ketika digabungkan, mereka telah terbukti untuk membantu memecah gumpalan darah (darah beku).

(health.com)