Find Us On Social Media :

Ini Dia, Lima Makanan yang Dapat Membantu Kita Melawan Stres

By Ilham Pradipta M., Selasa, 19 Januari 2016 | 06:00 WIB

Ini Dia, Lima Makanan yang Dapat Membantu Kita Melawan Stres

Intisari-Online.com - Kita semua mungkin pernah merasakan stres. Stres merupakan hambatan umum bagi produktivitas kita. Itu sebabnya kita perlu mengelola stres secara efektif. Terlebih lagi stres memiliki efek yang sangat negatif bagi kesehatan fisik dan psikologis kita.

Salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi bahkan menghilangkan stres, yaitu melalui makanan yang kita makan. Ya! Terdapat beberapa makanan yang dapat membantu kita untuk melawan stres. Berikut penjelasannya:

1. Sayuran berdaun hijau. Menurut Heather Mangieri dari Academy of Nutrition and Dietetics, sayuran berdaun hijau seperti bayam mengandung folat. Folat ini menghasilkan dopamin, bahan kimia yang merangsang rasa senang di dalam otak. Ini akan membuat kita merasa lebih tenang. Sebuah studi di Universitas Otago juga menemukan khasiat dari sayuran hijau. Mereka mengatakan mahasiswa cenderung merasa lebih tenang, lebih bertenanga, dan bahagia ketika makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan.

2. Dada Kalkun. Makanan ini mengandung tryptophan (salah satu asam amino penyusun protein) yang membantu memproduksi serotonin. Serotonin juga dapat memberikan rasa bahagia dalam diri kita. Makanan lain yang mengandung tryptophan adalah kacang-kancangan, biji-biian, ikan, oat, dan telur.

3. Oatmeal. Menurut sebuah studi, karbohidrat dapat membantu otak untuk membuat serotonin. Tapi, sebaiknya kita jangan mengonsumsi karbohidrat dari makanan yang manis, seperti donat. Karena stres dapat menyebabkan naiknya gula darah. Jadi yang kita perlukan adalah karbohidrat kompleks seperti oatmeal.

4. Salmon. Hormon kecemasan seperti kortisol akan meningkat saat kita merasa stres. Namun, hal itu dapat dikurangi melalui omega 3. Lisa Cimperman, RD, dari University Hospitals Case Medical Center mengatakan,  omega 3 yang terkandung di salmon memiliki sifat antiinflamasi. Hal ini dapat membantu tubuh untuk melawan efek negatif dari hormon stres.

5. Blueberry. Antioksidan dan  fitonutrien yang ditemukan dalam blueberry berperan dalam sistem pertahanan tubuh. Mereka membantu meingkatkan respon tubuh, dan melawan radikal bebas yang terkait dengan stres.

(Health.com)