Find Us On Social Media :

Ini Dia, Enam Makanan yang Dapat Meminimalkan Risiko Kanker Paru-paru

By Ilham Pradipta M., Senin, 29 Februari 2016 | 11:30 WIB

Ini Dia, Enam Makanan yang Dapat Meminimalkan Risiko Kanker Paru-paru

Intisari-Online.com – Kanker paru-paru merupakan penyakit yang mematikan.  Kannker ini umumnya lambat dideteksi dan baru diketahui pada tahapan akhir ketika kanker sudah menyebar ke seluruh bagian tubuh. Untuk meminimalkan risiko penyakit ini, sebenarnya terdapat enam makanan yang dapat kita konsumsi. Berikut penjelasannya:

1. ApelKabar baik bagi Anda yang suka mengonsumsi apel. Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Plos One menemukan, asupakan flavonoid, yang banyak terkandung dalam apel, dapat memimalkan risiko kanker paru-paru. Asupan total flavonoids, flavonols, flavones, dan flavanones, dikaitkan dengan penuruan risko kankaner yang disebabkaan oleh rokok

2. Bawang putihPada tahun-tahun lalu, peneliti menemukan bahwa bawang putih memiliki efek antikanker bagi hewan. Tapi baru-baru ini sebuah studi di Tiongkok menemukan, orang yang mengonsumsi bawah putih mentah dua atau lebih dari satu minggu, dapat meminimalkan risiko kanker paru-paru sebanyak 44 persen. Hal ini dikarenaka oleh zat yang bernama sulphide yang terkandung dalam bawang putih. Namun, kandungannya akan berkurang bila bawang putih dimasak.

3. BrokoliTernyata bukan hanya buah saja yang dapat menurunkan risiko kanker paru-paru. Sayuran seperti brokoli juga memiliki efek yang sama. Senyawa dalam sayuran ini yaitu glucosinates dapat mengurangi risiko kanker paru-paru sebanyak 32 persen, terutama pada wanita. Tenang saja bagi kita yang tidak menyukai brokoli. Masih ada beberapa alternatif sayuran lainnya. Seperti kembang kol, lobak, kale, dan bak choy.

4. IkanMengonsumsi ikan dapat memproteksi tubuh kita terhadap kanker paru-paru. Ikan dapat menurunkan risiko kanker paru-paru secara signifikan, menurut kajian dan analisis studi yang dilakukan sampai 2012. Bagi kita yang sering mengonsumsi ikan, risiko kanker paru-paru akan turun sebesar 21 persen. Tentu saja penurunan risiko kanker paru-paru bukanlah satu-satunya khasiat dari omega 3. Omega 3 juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

5. Paprika merahPaprika merah serta cabai merah mengandung fitokimia yang disebut capsaicin. Dalam sebuah penelitian, zat inilah yang berperan sebagai ‘senjata’ dalam melawan kanker paru yang ada pada tikus karena terpapar zat kimia. Capsaicin menghilangkan sel-sel abnormal sebelum mereka berkembang, dan menjadi tumor kanker.

6. Rempah-rempah. Kita telah berbicara tentang makanan yang dapat mengurangi risiko kanker paru-paru. Tapi sejauh ini ada komponen penting yang kita tinggalkan. Yaitu, rempah-rempah yang menambah rasa pada makanan. Ternyata rempah-rempah juga memiliki peran yang sama. Rempah-rempah mediterranean seperti rosemary, sage, parsley, dan oregano, juga dapat mengurangi risiko kanker paru-paru. Rempah-rempah ini mengandung senyawa carnisol, yang melawan sel-sel abnormal menjadi kanker.

(Lynne Eldridge/lungcancer.about.com)