Find Us On Social Media :

Nanas Dapat Menyembuhkan Cedera Otot Hingga Cacingan

By Ilham Pradipta M., Sabtu, 19 Maret 2016 | 10:30 WIB

Nanas Dapat Menyembuhkan Cedera Otot Hingga Cacingan

Intisari-Online.com –  Tahukah Anda kalau nanas dapat mempercepat penyembuhan cedera otot dan luka? Enzim khusus (bromelin) yang terkandung dalam nanas bermanfaat sebagai antibengkak, melarutkan lendir, hingga mengurangi rasa sakit.

Kandungan nanas juga baik bagi tubuh kita. Buah ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti karbohidrat, protein, lemak, zat besi, dan mangnesium. Sari nanas segar dianggap dapat mendinginkan serta membersihkan darah. Uniknya lagi, nanas juga dapat mengobati cacingan pada anak.

Kita dapat memarut sebuah nanas muda, lalu memerasnya. Kemudian, tambahkanlah dua sendok madu atau sirup gula batu ke dalam airnya. Lalu, minumkan ke anak yang menderita cacingan. Selain cacingan, ada manfaat lain dari nanas seperti mengobati flu. Cara menggunakannya juga mudah. Pertama, kupaslah nanas masak dan parut atau masukkan ke blender. Kemudian peraslah dan saring airnya. Kita dapat meminum airnya beberapa kali sehari untuk mengobati flu. Kira-kira takarannya sebanyak setengah gelas. Sebaiknya minumlah setiap habis makan. Tapi, jangan didinginkan ketika ingin mengonsumsinya.

Buah yang masuk ke dalam suku Agaraceae ini juga bisa kita manfaatkan untuk mengobati radang tenggorokan. Caranya menyajikan dan takarannya juga sama seperti mengobati flu. Tapi cobalah untuk mengonsumsinya lebih sering. Tak sampai di situ saja, nanas juga dapat mengobati ketombe. Cara membuat ‘ramuannya’ juga terbilang mudah. Kupas lalu parutlah satu nanas muda.Kemudian lumatkan 12 helai daun galing dan campurkan kedua bahan itu. Selanjutnya, diamkan bahan itu selama dua jam, lalu saringlah dengan kain. Kita bisa menggunakannya untuk membilas saat keramas. Cobalah menggunakannya hingga ketombe menghilang.

Tapi perlu kita ingat bersama, nanas muda juga bisa mempengaruhi rahim. Ia meluruhkan haid dan bisa menggugurkan kandungan. Karena itu nanas tidak dianjurkan bagi wanita hamil atau pascabersalin. Bagi pendertia gangguan ginjal dan diabetes juga tidak dianjurkan makan nanas yang mengandung kalsium oksalat dan kaya serat.

(Temukan artikel lengkap tentang “Nanas pada “Buah Sarat Serat, Mineral dan Vitamin”  di Majalah Intisari edisi extra – Rahasia Herbal Keluarga Sehat)