Find Us On Social Media :

Vitamin C Tekan Risiko Katarak

By Esra Dopita M Sidauruk, Kamis, 24 Maret 2016 | 12:30 WIB

Vitamin C Tekan Risiko Katarak

Intisari-Online.com - Vitamin C memiliki banyak peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit, salah satunya adalah katarak (keruhnya kondisi lensa mata yang normalnya jernih). Kekeruhan pada lensa akan menghalangi masuknya cahaya yang dibutuhkan untuk melihat. Jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kebutaan.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Ophthalmology, mengungkapkan, mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin C dapat menekan risiko katarak. Para peneliti mengatakan, vitamin C yang berada dalam cairan mata bagian dalam dapat menghambat katarak dengan mencegah oksidasi yang terjadi pada lensa mata.

 “Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C dapat menekan risiko timbulnya katarak yang dapat menyebabkan kebutaan pada mata secara signifikan,” ucap Dr. Christopher Hammond, profesor ophthalmology di King College London.

Selain itu, penelitian yang melibatkan 2.000 peserta selama lebih dari satu dekade itu juga mengungkapkan, faktor penyebab katarak, yakni 65% disebabkan oleh pola makan dan lingkungan yang kurang sehat dan 35% disebabkan oleh gen.

Nah, jika tidak ingin pengelihatan Anda direnggut oleh katarak, rajinlah mengonsumsi vitamin C dari sekarang. Sumber terbaik vitamin C dapat ditemui pada buah dan sayuran segar, di antaranya jeruk, stroberi, kiwi, paprika, kubis, dan brokoli. 

(nydailynews.com)