Find Us On Social Media :

Ini Dia, Enam Makanan yang Baik Bagi Penderita Asma

By Ilham Pradipta M., Senin, 28 Maret 2016 | 09:30 WIB

Ini Dia, Enam Makanan yang Baik Bagi Penderita Asma

Intisari-Online.com – Bagi kita yang menderita asma, sebenarnya tidak ada diet yang dapat menghilangkan atau menyembuhkan penyakit ini. Tapi terdapat beberapa makanan yang dapat membantu kita untuk menghadapi penyakit ini. Setidaknya, tidak membuatnya menjadi lebih buruk. Berikut enam makanan yang baik bagi penderita asma.

1. ApelIni adalah salah satu alasan bagi kita untuk mengonsumsi apel. Sebuah studi di Inggris menemukan, orang yang mengonsumsi apel dua sampai lima minggu, memiliki risiko yang lebih rendah daripada mereka yang tidak mengonsumsinya. Menurut studi itu, tingkat penurunan yang terjadi  sebesar 32 persen.

2. BlewahVitamin C merupakan antioksidan yang kuat dan dapat menangkal kerusakan paru-paru.  Caranya tentu dengan memerangi radikal bebas. Studi dari Jepang mengatakan, orang dengan asupan vitamin C yang tinggi, memiliki kemungkinan untuk terhindar dari gangguan asma. Meskipun vitamin C dapat ditemukan di banyak buah dan sayuran, tapi mereka banyak berlimpah pada blewah, jeruk, kiwi, brokoli, kubis, dan tomat.  

3. WortelWortel terkenal karena mengandung beta-karoten, jenis antioksidan yang lainnya. Studi awal menunjukkan, kalau beta-karoten yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh, dapat mengurangi risiko asma. Ia juga berperan penting untuk menjaga kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh.

4. KopiTernyata kopi dan kafein yang terkadung di dalamnya, juga dapat bermanfaat bagi penderita asma. Kopi berkafein sederhana diduga dapat meningkatkan fungsi saluran napas hingga empat jam setelah dikonsumsi. Namun, hal itu tidak akan terjadi pada kopi tanpa kafein.

5. Bawang putihBawang putih memiliki sifat antiinflamasi. Selama berabad-abad, cerita rakyat menempatkan kalau bawang putih dapat mengobati sejumlah penyakit. Sebenarnya masih banyak kandungan dari bawang putih yang bermanfaat. Seperti allicin, antioksidan yang kuat. Sebuah studi pada tahun 2009 mengungkapkan, allicin menghasilkan asam yang bisa menghancurkan radikal bebas. Menurut peneliti, hal itu memungkinkan untuk membantu penderita asma.

6. AlpukatAlpukat juga mengandung antioksidan penting yang disebut glutathione. Peran mereka dalam tubuh bermanfaat untuk melindungi sel terhadap radikal bebas yang dapat merusaknya. Hal itu menempatkan alpukat sebagai makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita asma. Alpukat juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak yang dapat membantu menurunkan kolestrol.

(Health.com/ Amanda Gardner)