Find Us On Social Media :

Ini Dia, 9 Makanan yang Kaya Akan Vitamin C

By Ilham Pradipta M., Selasa, 29 Maret 2016 | 09:30 WIB

Ini Dia, 9 Makanan yang Kaya Akan Vitamin C

Intisari-Online.com – Umumnya kita menganggap kalau vitamin C banyak terdapat pada segelas jus jeruk. Dan hal itu memang benar adanya. Namun, sebenarnya vitamin C tidak hanya bersumber dari sebuah jeruk saja. Masih banyak makanan lain yang mengandung vitamin C, bahkan melebihi kandungan yang ada dalam jeruk.

1.CabaiSetengah cangkir cabai dapat memberikan 107,8 mg vitamin C. Khasiat cabai pun amat beragam. Para peneliti dari Universitas Buffalo menemukan kalau capsaicin, senyawa yang terkadung dalam cabai, dapat membantu meringankan nyeri sendi dan otot.

2. Paprika merahSecangkir paprika merah mengandung hampir tiga kali lebih banyak vitam C dibandingkan sebuah jeruk—190 mg. Selain itu, paprika merah menjadi sumber vitamin A yang dapat meningkatkan kesehatan mata.

3. BrokoliSayuran ini menyediakan 132 mg vitamin C ditambah serat sebanyak 30 kalori per porsi. Sebuah penelitian menujukkan, brokoli mungkin memiliki sifat-sifat yang dapat mencegah kanker pada tubuh kita.

4. PepayaSatu buah pepaya mengandung 88,3 mg vitamin C. Selain dapat membersihkan usus kita, pepaya juga dapat mencerahkan kulit. Bahkan, ia juga dapat memperkuat tulang kita.

5. StoberiSecangkir stoberi berisi 84,7 mg vitamin C. Ia juga menyediakan folat dan senyawa lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Ada juga manfaat unik lainnya. Ternyata stoberi dapat membantu kita untuk memutihkan gigi secara alami.

6. Kembang kolSayuran ini mengandung vitamin C yang sebanyak 127,7 mg. Tak hanya itu saja. Ia juga memiliki lima gram serat dan protein.

7. NanasSelain mengandung 78,9 mg vitamin c, nanas juga memiliki bromelain, sebuah enzim pencernaan yang membantu memcang makanan. Sehingga dapat mencegah atau mengurangi kembung pada perut kita. Bromelain juga berperan sebagai antiinflamasi alami yang dapat membantu kita cepat pulih setelah latihan berat.

8. KiwiSekitar dua buah kiwi menawarkan 137, 2 mg vitamin C. Buah ini juga kaya kalium yang berfungsi sebagai pembentukan sel-sel pada tubuh.

9. ManggaBuah mangga menawarkan 122,3 mg vitamin C. Mangga juga dapat menjadi pilihan bila kita ingin mencari makanan yang kaya akan vitamin A.

(Health.com/Christine Mattheis)