Find Us On Social Media :

Ini Dia, Lima Makanan yang Seharusnya Kita Kombinasikan dengan Makanan Lain

By Ilham Pradipta M., Selasa, 12 April 2016 | 09:00 WIB

Ini Dia, Lima Makanan yang Seharusnya Kita Kombinasikan dengan Makanan Lain

Intisari-Online.com – Memakan makanan bergizi tentu baik bagi kesehatan tubuh. Tapi tahukah Anda kalau makanan itu akan bekerja lebih efektif bila ‘ditemani’ makanan lain. Ya! Terdapat beberapa makanan yang akan menghasilkan khasiat lebih baik bagi tubuh, bila dikombinasikan dengan makanan lainnya. Berikut penjelasannya:

1.Stroberi dengan selai kacangVitamin E dapat meningkatkan kesehatan mata dan dapat membantu mencegah degeneratif makula. Sedangkan vitamin C dapat meningkatkan kekuatan vitamin E. Jadi memasukkan vitamin C ke dalam makanan yang mengandung vitamin E, membuat khasiatnya menjadi lebih baik. Sumber vitamin C seperti stroberi, jeruk, dan tomat, amat baik bila dikombinasikan dengan makanan yang mengandung vitamin E. Contohnya seperti selai kacang, almond, dan biji bunga matahari.

2. Brokoli dengan mustardBrokoli merupakan sumber yang baik dari sulforaphane, senyawa yang dapat melawan kanker. Sayangnya, memasak brokoli dapat menghancurkan myrosinase, enzim yang membuat sulforaphane tersedia bagi tubuh kita. Jadi, untuk menggantikan myrosinase, kita dapat mengkombinasikan mustard ( moster) dengan brokoli. Myrosinase tambahan dapat membantu tubuh kita untuk menyerap lebih banyak sulforaphane.

3. Kopi dan gulaMenurut sebuah studi, saat kita meminum kopi dengan gula, hal itu akan membuat kita menjadi lebih produktif. Studi itu juga mengatakan, peserta yang mengonsumsi kopi dan gula secara bersamaan, daerah otaknya yang terhubung dengan perhatian berfungsi lebih efisien daripada mengonsumsi kopi tampa gula.

4. Apel dan teh hijauSecangkir teh dan apel merupakan makan sore yang sempurna. Penelitian telah menemukan bahwa fitokimia quercetin (banyak ditemukan dalam apel) dan catechin dalam teh hijau, bekerja bersama-sama untuk mencegah penggumpalan darah. Penggumpalan darah inilah yang dapat menyebabkan serangan jantung.

5. Wortel dan alpukatKita semua tahu kalau beta-karoten baik untuk tubuh kita, terutama kulit dan mata. Tapi kita mungkin tidak tahu kalau tubuh membutuhkan lemak untuk menyerapnya. Jadi makanlah sumber beta-karoten seperti wortel, melon, kale, dan bayam, dan gabungkan dengan alpukat atau minyak zaitun.

(rd.com/Kelsey Kloss)