Find Us On Social Media :

Ini Dia, Enam Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit Kita

By Ilham Pradipta M., Sabtu, 16 April 2016 | 13:30 WIB

Ini Dia, Enam Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit Kita

Intisari-Online.com – Makanan tertentu dapat memberikan kulit kita menjadi lebih sehat. Beberapa makanan tersebut juga dapat mencegah kerutan, dan tanda-tanda penuaan lainnya. Bahkan, dapat mencegah penyakit sunburn (sengatan matahari). Nah, apa saja makanan yang baik untuk kulit kita? Berikut penjelasannya.

1. Ikan berlemak. Ikan berlemak seperti salmon, albacore tuna, tenggiri, dan sarden sarat dengan omega-3 dan asam lemak, khususnya asam docosah exaenoic (DHA yang merupakan antiinflamasi), amat baik untuk kulit kita. Ikan salmon dan tuna juga mengandung koenzim Q10, antioksidan yang ditunjukkan untuk meningkatkan penampilan kulit. Bagi kita yang memiliki jerawat, hal itu disebabkan oleh peradangan kronis. Nah, makanan yang kaya omega-3 dapat membantu untuk menekan timbulnya jerawat pada kulit.

2. Kenari. Kacang-kacangan serta biji-bijian yang mengandung lemak sehat dan omega-3 alfa linolenat, seperti kenari, menjadi sumber penting bagi kesehatan kulit kita. Ketika ingin mengonsumsinya, cobalah memanggang mereka dan kombinasikan dengan oatmeal atau salad.

3. Minyak zaitun. Sebuah studi mengatakan perempuan yang mengonsumsi minyak zaitun (lebih dari dua sendok teh perhari), memiliki tanda-tanda penuaan 31 persen lebih sedikit dibandingkan wanita yang kurang mengonsumsi minyak zaitun. Para peneliti juga mengatakan kalau pecinta minyak zaitun tampak lebih muda, karena khasiat lemak tak jenuh tunggal di dalam minyak zaitun.

4. Seeds. Seeds atau biji-bijian/benih, seperti biji bunga (seperti biji bunga flax), atau biji chia, merupakan sumber dari vitamin E. Menurut penelitian dermatologi, seeds sangat penting untuk mencegah jerawat.  Kemampuannya dapat meningkatkan kekebalan melawan peradangan yang menyebabkan jerawat.

5. Jeruk, paprika, brokoli, stoberi, dan kiwi. Apakah makanan ini memiliki kesamaan? American Journal of Clinical Nutrition mengatakan, orang-orang yang mengonsumsi makanan tinggi vitamin C memiliki sedikit kerutan daripada mereka yang tidak/sedikit mengonsumsi vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang bisa melawan radikal bebas yang merusak sel dan  kolagen.

6. Tomat. Likopen dalam tomat terbukti dapat memberikan perlindungan terhadap sunburn. Cobalah untuk memilih tomat matang, karena mereka mengandung lebih banyak likopen.

(fitday.com)