Find Us On Social Media :

Tak Hanya Mengobati Hipertensi, Mengkudu Juga Bisa Menghilangkan Ketombe

By Ilham Pradipta M., Minggu, 24 April 2016 | 11:00 WIB

Tak Hanya Mengobati Hipertensi, Mengkudu Juga Bisa Menghilangkan Ketombe

Intisari-Online.com – Bagi Anda yang sering menggunakan buah sebagai obat untuk berbagai penyakit, tentu tak asing dengan  buah mengkudu. Bagi Anda yang sering menggunakan buah sebagai obat untuk berbagai penyakit, tentu tak asing dengan  buah mengkudu. Selain mengobati hipertensi, mengkudu juga bisa menghilangkan ketompe pada rambut kepala.Selain kaya vitamin C, mengkudu juga mengandung senyawa yang disebut seratonin yang berperan sebagai neurotransmitter untuk mengatur sinyal saraf pada otak, terutama yang berkaitan dengan tidur. Tak hanya itu, mengkudu juga bersifat antibakteri dan antiseptik.Berikut beberapa manfaat dan khasiat buah yang memiliki bentuk dan rasa yang khas ini:

1. Hipertensi Khasiat mengkudu untuk mengobati hipertensi sudah sangat populer. Caranya, parutlah dua buang mengkudu yang telah dibuang bijinya. Lalu, peraslah sebuah mentimun yang telah diparut. Nah, setelah itu campurkan mentimun ke dalam ramuan mengkudu, ditambah dua gula aren dan dua gelas air manas. Minumlah ramuan ini tiga kali sehari.

2. Radang usus Bagi orang yang menderita radang usus, buah mengkudu bisa dimanfaatkan untuk kesembuhan. Caranya tidak berbeda jauh dengan ramuan mengkudu untuk mengobati hipertensi. Pertama-tama, dua buah mengkudu matang dicuci bersih dan dilumatkan. Lalu, peraslah dan beri madu secukupnya. Untuk hasil terbaik, kita bisa meminum ramuan ini dua kali sehari.

3. Pegal linu Ternyata bukan jamu saja yang bisa mengobati pengal linu. Mengkudu pun bisa mengobati encok atau pegal linu pada tubuh kita. Caranya dengan menempelkan ramuan mengkudu ke bagian yang sakit. Pertama, cucilah lima helai daun mengkudu yang agak besar, dan olesi dengan minyak kelapa. Setelah itu, pangganglah di atas api sampai layu. Terakhir, tempel daun itu selagi masih panas pada bagian yang terasa encok.

4. Ketombe Ini dia manfaat lainnya yang unik dari mengkudu. Seperti sampo, mengkudu juga bisa menghilangkan ketombe. Caranya juga terbilang mudah. Dua atau tiga buah mengkudu yang matang dilumatkan dan diberi air sedikit. Kemudian peraslah, dan gunakan airnya untuk dipakai keramas. Lalu, biarkan selama kira-kira lima menit. Setelah itu, bilaslah menggunakan air bersih. Kita juga boleh menggunakan sampo untuk menghilangkan baunya.

Temukan artikel lengkap tentang “Mengkudu” Di Majalah Intisari edisi extra 2016 – Rahasia Herbal Keluarga Sehat