Find Us On Social Media :

Jalur Sutra, Salah Satu Pencapaian Genghis Khan yang Paling Terkenal

By Mentari DP, Minggu, 29 Januari 2023 | 15:00 WIB

Ketika Genghis Khan mengamankan Jalan Sutra.

Intisari-Online.comGenghis Khan merupakan penguasa atau kaisar dari Kerajaan Mongolia

Bahkan Genghis Khan dikenal dunia sebagai penakluk terbesar di dunia yang pernah ada.

Saat ia berkuasa, wilayah kekuasaan Genghis Khan meliputi hampir seluruh wilayah benua Asia hingga sebagian daratan Eropa seperti Rusia.

Namun salah satu pencapaian Genghis Khan yang paling terkenal adalah mengamankan Jalur Sutra.

Dilansir dari thevintagenews.com pada Minggu (29/1/2023), pada abad ke-3 SM, tepatnya pada masa pemerintahan dinasti Han di China, Jalur Sutra yang legendaris adalah penghubung perdagangan utama antara timur dan barat selama ratusan tahun.

Di mana perdagangan itu mengangkut barang-barang kekaisaran dan menyediakan hubungan budaya dan diplomatik antara wilayah Eropa dan Afrika dengan orang-orang di Asia.

Menjadi titik ekonomi dan strategis yang vital, rute tersebut jatuh ke tangan yang berbeda dari waktu ke waktu dan seringkali menjadi masalah yang menentukan kekuatan berbagai panglima perang Asia.

Namun, pada abad ke-13, semuanya ditinggalkan.

Gejolak hebat, perang, dan penjarahan telah membuat Jalur Sutra tidak aman untuk dilalui, dan jarang ada orang yang berani melintasinya tanpa pengawalan bersenjata.

Semua itu terjadi sampai bangsa Mongol mengambil kendali.

Selama pemerintahan Genghis Khan, sebagian besar jaringan dikontrol dengan ketat.

Baca Juga: Keputusan-keputusan Terbodoh yang Pernah Diambil Tokoh Dunia, dari Kehilangan Kerajaan Gara-gara Meledek Genghis Khan hingga Kehilangan Separuh Warga Karena Pandemi