Find Us On Social Media :

Segelas Jus Ceri dapat Turunkan Tekanan Darah Tinggi

By Esra Dopita M Sidauruk, Selasa, 10 Mei 2016 | 06:00 WIB

Segelas Jus Ceri dapat Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Intisari-Online.com - Bagi Anda yang bertekanan darah tinggi atau hipertensi, sebaiknya mulai dari sekarang untuk mengonsumsi jus ceri. Pasalnya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Northumbria University, Newcastle, mengungkapkan mengonsumsi segelas jus ceri setidaknya satu gelas sehari dapat menurunkan tekanan darah tinggi maupun mengurangi rasa sakit yang terkait dengan penyakit hipertensi.

Buah ceri dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Mulai dari mengurangi gejala osteoarthritis, merangsang tidur nyenyak, dan membantu menurunkan berat badan.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition itu mempelajari 15 orang dewasa dengan membaca tekanan darah, yakni minimal 130/90 mmHg, yang menunjukkan risiko terkait penyakit jantung.

Hasil penelitian menujukkan, peserta dengan tanda-tanda awal hipertensi mengalami penurunan tekanan darah sekitar tujuh persen setelah tiga jam mengonsumsi jus ceri dibandingkan dengan peserta lain yang mengonsumsi minuman dengan perasa ceri.  

Mengejutkan lagi, jus ceri memiliki khasiat yang sama dengan obat penurunan tekanan darah, seperti ACE inhibitor atau blocker beta.

“Jus ceri memiliki dampak positif untuk fungsi vascular atau pembuluh darah,” ucap salah satu penulis, Profesor Glyn Howatson.

Sebelumnya, penelitian lain yang dilakukan pada 2014, mengungkapkan, minum jus ceri dapat mengurangi rasa sakit asam urat. Ternyata, penelitian yang dilakukan oleh Glyn dan kawan-kawan juga menunjukkan hasil yang sama, yakni mengurangi rasa sakit asam urat karena jus ceri turut menentukan kadar asam urat dalam urine dan darah.  

(Techtimes.com)