Find Us On Social Media :

Refleksi Terkait Wabah Covid-19 di Indonesia yang Harus Anda Tahu

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 23 Januari 2023 | 10:00 WIB

(Ilustrasi) COVID-19 menjadi refleksi tersendiri

Intisari-Online.com - Pertanyaan seputar 'buat refleksi terkait wabah di Indonesia' ada di halaman 77 dalam buku Sejarah kelas XI dalam Kurikulum Merdeka.

Untuk dapat membuat refleksi terkait wabah di Indonesia, mungkin Anda perlu tahu dengan wabah yang ada di Indonesia.

Jika berbicara Batavia sejak masa kolonial Belanda, ada 3 jenis wabah:

1. Malaria

Malaria tercatat di Batavia sejak tahun 1733. Orang-orang Belanda sebelumnya tak mengetahui kondisi alam Batavia yang tropis.

Imbasnya, banyak dari mereka yang terjangkit penyakit ini. Bahkan dipercayai bahwa malaria menjadi salah satu penyebab runtuhnya VOC. Salah satu faktor utama terjadinya wabah tersebut adalah kebiasaan buruk masyarakat yang abai terhadap sanitasi.

Saat itu, kebanyakan rumah di Batavia tidak memiliki kakus atau kamar mandi, sehingga limbah domestik mereka dibuang ke kanal begitu saja. Penanganan wabah saat itu dipelopori oleh Gubernur Jenderal VOC, Gustaaf Willem van Imhoff yang memindahkan pusat pemerintahan dan permukiman ke daerah selatan.

2. Cacar

Baca Juga: 5 Tahapan Penelitian Sejarah yang Perlu Dilakukan oleh Siswa

Cacar merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus variola.

Pada 1644, cacar menjadi salah satu wabah yang paling pertama tercatat ada di Batavia, kemudian penyakit tersebut menyebar ke seantero Jawa, bahkan Hindia Belanda.

Langkah penanganan penyakit ini dilakukan VOC dan pemerintah kolonial melalui metode variolasi sebelum akhirnya vaksin ditemukan.