Find Us On Social Media :

Keterkaitan Sejarah dan Ilmu sosial dalam Artikel Kesetaraan Gender

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:44 WIB

(Ilustrasi) Jelaskan keterkaitan antara sejarah dan ilmu sosial dalam artikel di atas?

Intisari-Online.com - Coba jelaskan keterkaitan antara sejarah dan ilmu sosial dalam artikel di atas?

Latihan soal mengenai 'jelaskan keterkaitan antara sejarah dan ilmu sosial dalam artikel di atas' ada di halaman 69 dalam buku Sejarah kelas X dalam Kurikulum Merdeka.

Namun sebelum Anda dapat jelaskan keterkaitan antara sejarah dan ilmu sosial dalam artikel di atas, yang perlu Anda pahami bahwa ikatan antara ilmu sejarah dan ilmu sosial tidak dapat diputus.

Artikel tersebut membicarakan tentang kesetaraan gender yang mana memperlihatkan kehidupan sosial pada masa itu, maka peran sejarah adalah menjelaskan kronologi waktu tentang apa-apa saja yang terjadi dalam rentan waktu tersebut terkait dengan kesetaraan gender dan perempuan.

Artikel tersebut memperlihatkan terkait dengan stuktur sosial, kelompok sosial mengenai perempuan dan kesetaraan gender yang mana sejarah membantu dalam merunut kejadian terkait hal tersebut pada masa itu.

Dengan demikian, orang-orang pada saat ini dapat mengetahui apa yang terjadi terkait dengan perempuan dan kesetaraan gender di masa lalu.

Sejarah merupakan bagian dari ilmu sosial, maka dari itu tentu sejarah memiliki hubungan yang erat dengan ilmu-ilmu sosial yang lain.

Sejarah membantu mengungkapkan apa yang terjadi di masa lalu, dan ilmu-ilmu sosial lain menjelaskan analisis dan deskripsinya dengan menggunakan teori dalam ilmu tersebut dengan bantuan ilmu sejarah.

Keterkaitan sejarah dengan ilmu sosial pada artikel tersebut adalah sejarah maupun ilmu sosial dalam artikel tersebut sama-sama berbicara tentang manusia.

Sejarah dan ilmu sosial dalam artikel tersebut saling melengkapi karena dalam pendeskripsian maupun analisis, sejarah memerlukan ilmu-ilmu sosial lain sedangkan ilmu sosial juga memerlukan sejarah dalam melakukan pendekatan untuk memperkirakan apa yang akan terjadi di masa depan dan melihat apa yang terjadi di masa lalu.