Find Us On Social Media :

Jelaskan Bagaimana Reaksi Rakyat Banda Menyikapi Berbagai Bangsa Eropa yang Datang ke Kepulauan Banda?

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 13 Januari 2023 | 10:00 WIB

(Ilustrasi) Jelaskan bagaimana reaksi rakyat Banda menyikapi berbagai bangsa Eropa yang datang ke Kepulauan Banda

Intisari-Online.comJelaskan bagaimana reaksi rakyat Banda menyikapi berbagai bangsa Eropa yang datang ke Kepulauan Banda?

Pertanyaan seputar 'jelaskan bagaimana reaksi rakyat Banda menyikapi berbagai bangsa Eropa yang datang ke Kepulauan Banda?' ada di halaman 47 dalam buku Sejarah kelas X dalam Kurikulum Merdeka.

Namun sebelum Anda dapat jelaskan bagaimana reaksi rakyat Banda menyikapi berbagai bangsa Eropa yang datang ke Kepulauan Banda, Anda harus tahu bahwa Bangsa Portugis merupakan orang Eropa yang pertama tiba di Kepulauan Banda.

Mereka mengirimkan kapal-kapal ke Maluku untuk memperdagangkan cengkeh dan pala, segera setelah mereka taklukkan Malaka pada tahun 1511.

Usaha untuk mengokohkan keberadaan dan mengontrol perdagangan pala dan bunga pala pun gagal, mengingat penolakan datang dari warga Banda.

Tahun 1605, Belanda datang untuk menyingkirkan Portugis setelah menaklukkan Ambon.

Guna memonopoli perdagangan pala dan bunga pala, Perusahaan Dagang Hindia Belanda atau yang dikenal dengan nama Verenigde Oost - Indische Compagnie (VOC) membangun pos perdagangan di Banda.

VOC juga membuat perjanjian dengan warga Banda yang mengharuskan warga untuk menjual pala dan bunga pala hanya kepada VOC secara eksklusif.

Tetapi warga Banda masih tetap menjual hasil buminya kepada pedagang dari Jawa, Makassar, dan Inggris.

Tahun 1609, ketegangan semakin memuncak.

Admiral Verhoeff dari Belanda harus meregang nyawa saat negosiasi dengan warga Banda.

Baca Juga: 6 Bukti Peninggalan Kerajaan Aceh, Makam hingga Uang Dirham Emas