Find Us On Social Media :

Jelaskan Hubungan antara Pulau Run (Salah Satu Pulau di Kepulauan Banda) dan Manhattan, New York, pada Tahun 1667?

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 14 Januari 2023 | 14:59 WIB

(Ilustrasi) peta kepulauan Banda 1660-an karya Johannes Vingboons - Jelaskan hubungan antara Pulau Run (salah satu pulau di Kepulauan Banda) dan Manhattan, New York, pada tahun 1667?

Intisari-Online.comJelaskan hubungan antara Pulau Run (salah satu pulau di Kepulauan Banda) dan Manhattan, New York, pada tahun 1667?

Pertanyaan seputar 'jelaskan hubungan antara Pulau Run (salah satu pulau di Kepulauan Banda) dan Manhattan, New York, pada tahun 1667?' ada di halaman 47 dalam buku Sejarah kelas X dalam Kurikulum Merdeka.

Namun sebelum Anda dapat jelaskan hubungan antara Pulau Run (salah satu pulau di Kepulauan Banda) dan Manhattan, New York, pada tahun 1667, Anda harus tahu mengenai dahsyatnya buah Pala.

Harum buah Pala di Kepulauan Banda, Maluku, memikat bangsa asing untuk berdagang dan meraup untung di pasar dunia pada abad ke-17.

Buah pala pada zaman itu digunakan sebagai bumbu sekaligus pengawet makanan.

Harganya lebih mahal dari emas.

Masyarakat Banda yang ramah menyambut datangnya bangsa Arab, China, India, dan Eropa yang datang membeli pala.

Sampai akhirnya ketika berdagang saja tak cukup, Belanda melakukan monopoli.

Tak diterima, Belanda membantai masyarakat Banda asli.

Buat Belanda apapun dilakukan demi pala.

Baca Juga: Siapa Sangka Bagian Wilayah New York Ini Pernah Nyaris Jadi Milik Indonesia, dan Ditukar dengan Pulau di Indonesia Ini, Namun Pertukaran Gagal Karena Hal Ini