Find Us On Social Media :

Inilah 9 Alasan Mengapa Miss. V Bau!

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 12 Mei 2017 | 20:30 WIB

Inilah 9 Alasan Mengapa Vagina Bau!

Intisari-Online.com – Bau vagina kadang-kadang mengerikan, bahkan kadang-kadang membuat si empunya kaget, dan tentu saja, pasangannya.

Ada cara untuk menjaga vagina bersih dan bebas bau. Tetapi, kita harus mengetahui apa yang menyebabkan vagina bau.

(Baca juga: Luar Biasa, Sempat Divonis Mandul karena Punya 2 Vagina dan 2 Rahim, Wanita Ini Akhirnya Mengandung di Rahim Kirinya)

Inilah 9 alasan mengapa vagina bau.

* Pencucian vagina. Masalah ini sering menjadi perdebatan. Banyak yang percaya bahwa pencucian vagina dapat membantu mencegah infeksi vagina, tetap bersih, dan aman. Tetapi, orang sering mengeluhkan bau vagina yang buruk pasca penggunaannya. Menurut sebuah penelitian, sebaiknya untuk mencegah vagina bau jangan menggunakan pencucian vagina (vagina douching) ini.

* Penyakit menular seksual. Bau vagina bukan satu-satunya alasan. Mungkin ada pengeluaran cairan yang tidak biasa seperti putih, abu-abu, atau kekuningan dengan nyeri buang air kecil dan saat berhubungan seks. Ini adalah tanda-tanda klasik dari penyakit menular seksual, yang membutuhkan perhatian medis.

* Bakteri vaginosis. Infeksi bakteri ini menyebabkan bau amis bersama dengan kemerahan, gatal, dan sensasi terbakar di vagina. Namun, tidak semua wanita yang menderita kondisi ini mengeluh tentang bau sehingga gejala lainnya harus diperhitungkan.

(Baca juga: Inilah 9 Tanda Vagina Tidak Sehat yang Harus Disadari Wanita, Nomor 3 dan 6 Paling Sering Terjadi)

* Pengeluaran berat. Sedikit jumlah keputihan adalah normal. Namun, jika Anda merasa gatal, lalu celana sering basah, nyeri buang air kecil dengan bau busuk yang sangat, ini adalah situasi yang mengkhawatirkan karena bisa berarti timbulnya penyakit menular seksual atau kondisi kesehatan lainnya.

* Keringat berlebihan. Terlalu banyak keringat pada vagina akan membuat vagina bau kecuali Anda mencobanya untuk tetap bersih.

* Makanan. Makanan terbantu dengan bau yang kuat seperti cabai, lada, atau bawang merah dan bawang putih bisa menimbulkan bau pada vagina. Namun, tidak ada cukup penelitian untuk membuktikan fakta ini. Biasanya, wanita yang mengonsumsi terlalu banyak makanan pedas mengeluh tentang bau vagina.

* Menstruasi. Menggunakan tampon atau pembalut terlalu lama dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan mengganggu keseimbangan pH di daerah vagina, yang akan menyebabkan bau yang buruk.