Find Us On Social Media :

Segera Periksa ke Dokter Jika Alami Tanda-tanda Pasti Masalah Kesuburan Ini

By Ade Sulaeman, Senin, 27 Juni 2016 | 18:00 WIB

Segera Periksa ke Dokter Jika Alami Tanda-tanda Pasti Masalah Kesuburan Ini

Intisari-Online.com - Banyak orang yang enggan datang ke dokter meski sedang berusaha hamil. Padahal, ada tanda-tanda pasti masalah kesuburan yang mewajibkan seorang wanita mengunjungi dokter untuk segera diperiksa.

Tanda mengalami masalah kesuburan ini biasanya terjadi pada hampir seluruh wanita di bawah usia 35 tahun.

1. Tidak mengalami menstruasi

Tidak mengalami menstruasi berarti wanita tidak mengalami ovulasi. Artinya, sedikit kesempatan untuk hamil jika tidak mengalami bantuan. Jika wanita baru saja berhenti dari program KB, tubuh biasanya membutuhkan waktu 3 bulan untuk beradaptasi.

Biasanya setelah itu wanita akan mengalami menstruasi. Dokter akan memberikan obat rangsangan ovulasi untuk mengatasi masalah ini.

2. Menstruasi tidak teratur

Ketika wanita tidak mendapatkan menstruasi secara teratur, wanita jadi tidak mengerti kapan wanita berovulasi. Siklus yang datang secara tidak teratur membuat wanita sulit membuat rencana kehamilan.

Selain itu, menstruasi tidak teratur juga bisa disebabkan oleh gangguan tiroid hingga polistik ovarium sindrom (PCOS) yang membuat wanita sulit hamil. Menstruasi yang tidak teratur juga menjadi tanda cadangan ovarium yang berkurang karena endometriosis.

3. Pendarahan di luar masa menstruasi

Pendarahan di luar menstruasi bisa terjadi karena beberapa hal. Jika pendarahan setelah melakukan seks, bisa jadi ada masalah pada rahim. Selain masalah ketidaksuburan, pendarahan di luar masa menstruasi bisa jadi gejala serius seperti kanker. Untuk itu, ada baiknya wanita langsung memeriksakan diri ke dokter.

4. Menstruasi sangat banyak

Tanda masalah kesuburan muncul ketika darah yang keluar saat menstruasi sangat banyak. Selain itu, masa menstruasi juga lebih panjang dari biasanya. Hal ini bisa menjadi tanda fibroid rahim atau kelainan endokrin. Fibroid pada rahim sangat menganggu kehamilan dan dapat diatasi dengan menggunakan obat.