Find Us On Social Media :

Bagaimana Masyarakat di Berbagai Belahan Dunia Saling Berkontribusi pada Pembentukan Identitasnya Masing-masing?

By Khaerunisa, Jumat, 23 Desember 2022 | 17:15 WIB

Ilustrasi. Bagaimana masyarakat di berbagai belahan dunia saling berkontribusi pada pembentukan identitasnya masing-masing?

Intisari-Online.com - Bagaimana masyarakat di berbagai belahan dunia saling berkontribusi pada pembentukan identitasnya masing-masing?

Pertanyaan "Bagaimana masyarakat di berbagai belahan dunia saling berkontribusi pada pembentukan identitasnya masing-masing? Bagaimana globalisasi berkontribusi atas hal ini?" terdapat pada halaman 107 buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMA/SMK Kelas XI.

Pada bagian 3 unit 1 dipelajari tentang "Kita dan Masyarakat Global".

Era globalisasi telah membawa manusia pada satu tahap peradaban yang cukup maju.

Masa ini ditandai oleh berbagai penemuan baru dan kemajuan di berbagai bidang.

Di era globalisasi, batas-batas geografis bukan lagi menjadi penghalang, karena akses informasi bisa didapatkan sedemikian mudah.

Tentunya kondisi tersebut juga berpengaruh pada bagaimana masyarakat di berbagai belahan dunia saling berkontribusi pada pembentukan identitasnya masing-masing.

Pada kelas X telah dipelajari tentang bagaimana proses sebuah identitas terbentuk.

Setidaknya ada dua pendapat besar tentang bagaimana identitas itu terbentuk.

Pertama, identitas merupakan given atau terberi. Kedua, identitas sebagai hasil dari sebuah desain atau rekayasa.

Identitas sebagai given atau terberi, maksudnya identitas merupakan sesuatu yang menempel secara alamiah pada seseorang atau sebuah grup.

Baca Juga: Soal PPKN Kelas X: Bagaimana Cara Menumbuhkan Sikap Hormat Terhadap Tradisi atau Budaya Masyarakat di Indonesia?