Find Us On Social Media :

Tanggal 13 Desember Memperingati Hari Apa? Anda Perlu Tahu Ini!

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 13 Desember 2022 | 16:30 WIB

Tanggal 13 Desember memperingati hari apa

Intisari-Online.comTanggal 13 Desember memperingati hari apa, yang mungkin perlu Anda ketahui.

Mungkin tidak banyak yang tahu, bahwa tanggal 13 Desember memperingati hari apa, yang di tahun 2022 ini jatuh pada hari Selasa.

Tanggal 13 Desember ini adalah peringatan Hari Nusantara.

Apa itu Hari Nusantara?

Setiap tahun setiap tanggal 13 Desember memperingati Hari Nusantara.

Hari peringatan ini berawal dari Deklarasi Djuanda yang dicetuskan pertama kali oleh Menteri Indonesia saat itu, Djuanda Kartawidjaya pada tanggal 13 Desember 1957.

Tanggal 13 Desember memperingati hari apa?

Deklarasi Djuanda tersebut menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia yang berada di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Konsepsi tentang negara kepulauan itu kemudian dapat diterima dan ditetapkan dalam konvensi hukum laut internasional (UNCLOS) oleh PBB tahun 1982.

Deklarasi Djuanda dipertegas kembali dalam UU Nomor 17 tahun 1985 tentang Pengesahan UNCLOS 1982 bahwa Indonesia adalah negara kepulauan.

Pada tahun 1999, karena pentingnya deklarasi tersebut bagi bangsa Indonesia, maka tanggal 13 Desember dicanangkan sebagai Hari Nusantara.

Baca Juga: Weton Tanggal Hari Ini, 13 Desember 2021, Menurut Primbon Jawa Jatuh pada Weton Senin Pon, Inilah Jodoh yang Cocok untuk Anda