Find Us On Social Media :

Mungkin Anda Lelah?

By Tika Anggreni Purba, Senin, 18 April 2016 | 15:15 WIB

Mungkin Anda Lelah?

Intisari-Online.com – Kita pasti cukup sering mendengar kata-kata “mungkin dia lelah” sebagai candaan lucu yang ditujukan kepada seseorang. Tetapi, pernahkah Anda mengalami pernyataan tersebut ditujukan kepada diri Anda sendiri?

Bisa jadi sebenarnya kita juga mengalami hal yang sama, yaitu lelah secara mental. Biasanya ditandai dengan keluhan-keluhan karena kurangnya waktu dan persoalan lainnya. Karena itu, layaknya handphone Anda perlu men-charge kembali energi baru, agar tak ada lagi pernyataan “mungkin saya lelah”. Yuk, kita simak!

1. Gunakan waktu yang sedikit untuk mengistirahatkan pikiran

Semua orang pasti memiliki ‘sedikit waktu’ sekalipun ia sangat sibuk. Misalnya ketika mengantre di ATM dan di kasir supermarket. Biasanya untuk mengisi waktu antrean itu, kebanyakan kita memilih melihat smartphone.Nah ketika Anda lelah pikiran, gunakanlah ‘sedikit waktu’ tadi untuk melakukan sesuatu yang menenangkan dan merilekskan pikiran Anda. Misalnya dengan latihan pernafasan dan menggerakkan kaki Anda. Fokuslah pada hal tersebut untuk melupakan sejenak kelelahan pikiran.

2. Jauhkan diri dari berbagai kebisingan sejenak

Ambil waktu beristirahat dengan menjauhkan diri dari kebisingan dan penerangan. Ambil waktu beberapa menit untuk duduk dalam ruangan yang gelap dan tenang, dan coba rasakan betapa hal tersebut bisa merilekskan pikiran Anda.

Ambil langkah untuk mengurangi berbagai hal yang sering Anda lakukan. Misalnya, gunakanlah headphone dalam keramaian di bus, matikan TV Anda ketika tidak menontonnya, matikan handphone Anda di malam hari. Lakukan apapun yang bisa mengurangi berbagai kebisingan masuk dalam diri Anda.

Anda juga bisa mendengar suara hujan (baik itu hujan yang sebenarnya atau suara hujan dari aplikasi), lakukan pijat relaksasi, dan wisata alam yang jauh dari kebisingan kota jika memungkinkan.

3. Izinkan diri Anda beristirahat

Anda mungkin lelah ketika harus melakukan berbagai hal dan tampaknya hal tersebut tidak pernah berakhir. Kadang di masa seperti ini, Anda merasa tidak mungkin untuk beristirahat. Tapi ketika Anda sudah lelah dalam pikiran Anda, izinkanlah tubuh dan pikiran Anda beristirahat sejenak dan nikmatilah. Jangan merasa bersalah ketika Anda mengistirahatkan tubuh Anda. Lakukan apapun yang membuat Anda merasa rileks.

4. Realistislah!

Dalam dunia modern, kita mungkin selalu bekerja dengan target yang harus dicapai. Terkadang, Anda harus mulai realistis bahwa Anda bukanlah robot yang bisa dipakai terus-menerus. Ingatkan diri Anda bahwa dunia ini penuh dengan kesempatan, jadi jangan takut untuk sedikit bersantai.