Find Us On Social Media :

Gempa Berkekuatan 5,8 Magnitudo Guncang Sukabumi pada Kamis Pagi Hari Ini, Rupanya Ini Alasan Sering Terjadi Gempa Bumi di Indonesia

By Mentari DP, Kamis, 8 Desember 2022 | 08:30 WIB

Gempa bumi di Sukabumi pada Kamis (8/12/2022).

Intisari-Online.comBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG melaporkan gempa bumi pada Kamis (8/12/2022) pagi ini.

Gempa bumi berkekuatan 5,8 magnitudo terjadi pada hari Kamis pagi pukul 07.50 WIB.

Dilansir dari akun Twitter BMKG, @infoBMKG, gempa bumi terjadi 22 km Tenggara Kota Sukabumi, Jawa Barat di kedalaman 104 km.

Akan tetapi, BMKG melaporkan dalam beberapa menit pertama setelag gempa, parameter gempa dapat berubah. Jadi belum akurat.

Kecuali telah dianalisis ulang oleh seismologist.

Gempa bumi di Sukabumi ini menambah deretan gempa yang terjadi di Indonesia dalam beberapa hari terakhir.

Sebelumnya ada beberapa gempa yang terjadi. Salah satunya gempa bumi di Cianjur yang menyebabkan korban jiwa dan kerusakan bangunan parah.

Gempa bumi di Cianjur terjadi pada Rabu (23/11/2022) pukul 17.00 WIB dengan kekuatan 5,6 magnitudo.

Yang membuat gempa bumi ini begitu merusak karena lokasinya yang berada dekat dengan pemukiman warga.

Setelah gempa bumi itu, Cianjur beberapa kali mengalami gempa susulan. Namun tidak terlalu merusak dibanding gempa yang pertama.

Sementara dua hari lalu, tepatnya pada hari Selasa (6/12/2022), terjadi gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo di Jember, Jawa Timur.

Baca Juga: Ribuan Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur, Padahal Nenek Moyang Kita Sudah Punya Desain Rumah Tahan Gempa Sejak Lama