Find Us On Social Media :

Bernyanyi Bisa Meningkatkan Aktivitas Otak Pasien Alzheimer

By Esra Dopita M Sidauruk, Senin, 30 Mei 2016 | 08:30 WIB

Bernyanyi Bisa Meningkatkan Aktivitas Otak Pasien Alzheimer

Intisari-Online.com - Tak hanya mampu mengubah perasaan menjadi bahagia dan tenang, bernyanyi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya, bernyanyi dapat meningkatkan aktivitas otak pada pasien alzeheimer.

Sebuah penelitian di AS menunjukkan bahwa bernyanyi secara kelompok atau yang disebut paduan suara secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan kognitif terhadap pasien demensia, mulai dari tahap sedang hingga berat.

Bekerja di rumah perawatan selama empat bulan, para ilmuwan mengamati pasien melalui serangkaian lagu-lagu yang akrab di telinga mereka. Pertemuan yang diadakan sebanyak tiga kali dalam seminggu tersebut membagi peserta ke dalam dua kelompok.

Kelompok pertama diminta untuk bernyanyi, sementara sisanya hanya mendengarkan. Para peneliti menemukan perbedaan mencolok antara kedua kelompok tersebut.

Linda Maguire, penulis utama penelitian mengatakan, bakat bermain alat dan apresiasi terhadap musik adalah dua kemampuan yang tersisa pada pasien Alzheimer.

Sebelum dan setelah masa pengobatan menggunakan musik, pasien mengambil tes mengukur kemampuan kognitif  dan kepuasan hidup. Hasil penelitian menunjukkan, kelompok yang bernyanyi dengan kelompok mendengarkan mendapatkan nilai sama di awal penelitian.

Namun, setelah empat bulan kemudian ditemukan bahwa kelompok yang bernyanyi mengalami pengingkatan kognitif secara seginifikan dibandingkan dengan kelompok yang mendengarkan.

“Data ini menunjukkan bahwa partisipasi dalam program bernyanyi aktif dapat meningkatkan kognisi pada pasien demensia berat,” ucap Maguire.