Find Us On Social Media :

Inilah Alasan Mengapa Empati Itu Penting (1)

By Esra Dopita M Sidauruk, Rabu, 1 Juni 2016 | 06:00 WIB

Inilah Alasan Mengapa Empati Itu Penting (1)

Intisari-Online.com - Empati atau kemampuan untuk memahami perasaan dan pikiran orang lain merupakan salah satu kemampuan paling penting untuk dimiliki setiap orang. Sebab, hal itu bukan hanya untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang kuat dan sehat, namun bekerja lebih efektif dan mencapai sukses lebih besar dalam kehidupan secara umum. Nah, berikut ini enam alasan mengapa empati itu penting:

1. Mahluk Sosial

Seperti diketahui, manusia adalah mahluk sosial, sehingga membuat manusia harus terlibat komunikasi maupun interkasi dengan orang lain dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, manusia harus memiliki kemampuan empati. Hal ini memungkinkan Anda untuk memandang sesuatu dari sudut pandang orang lain, yakni memperlakukan mereka dengan cara mereka ingin diperlakukan, memahami bagaimana orang lain memandang Anda, dan sebagainya.

2. Baik untuk bisnis dan karier

Tak hanya baik untuk hubungan interpersonal, empati juga sangat baik untuk hubungan bisnis maupun karier. Sebuah hubungan bisnis yang baik dibangun atas kepercayaan. Membangun kepercayaan harus terlebih dahulu memahami apa yang menjadi keinginan, kebutuhan, dan yang diharapkan oleh pihak lain.Empati mampu membuat proses ini berjalan secara alami.

Maka, jika Anda ingin membangun kerjasama yang sehat dengan rekan kerja, membangun hubungan karyawan dan bos, atau mencoba mengatur pendekatan pemasaran berbasis kepercayaan, empati bisa jadi solusi yang sangat membantu.

3. Memahami komunikasi non-verbal

Orang yang lemah pada empati memiliki waktu yang sangat sulit membaca apa yang tersirat dari percakapan dan memahami apa yang orang lain inginkan. NAmun, mereka yang memiliki kemampuan empati mampu memhami segala bentuk komunikasi, termasuk komunikasi non-verbal.

(Lifehack.com)