Find Us On Social Media :

Inilah Alasan Mengapa Empati Itu Penting (2)

By Esra Dopita M Sidauruk, Rabu, 1 Juni 2016 | 06:30 WIB

Inilah Alasan Mengapa Empati Itu Penting (2)

Intisari-Online.com - Empati atau kemampuan untuk memahami perasaan dan pikiran orang lain merupakan salah satu kemampuan paling penting untuk dimiliki setiap orang. Sebab, hal itu bukan hanya untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang kuat dan sehat, namun bekerja lebih efektif dan mencapai sukses lebih besar dalam kehidupan secara umum. Nah, berikut ini enam alasan mengapa empati itu penting:

4. Win-win solution

Memiiki kemampuan empati juga dapat membuat Anda menjadi mediator dalam setiap perselisihan. Sebab, Anda dapat mengerti dan merasakan apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan kedua belah pihak yang berselisih. Anda berhasil membuat “win-win" solusi jauh lebih mudah. Anda tidak harus membabi buta mencari solusi, salah membaca sinyal pihak lain, dan mencari jalan keluar di tempat yang salah.

5. Meyakinkan dan memotivasi

Ketika Anda dapat melihat dunia dengan banyak sudut pandang, maka akan memudahkan Anda untuk memotivasi banyak orang untuk melakukan sesuatu daripada ketika Anda hanya menggunakan satu sudut pandang. Perlu diingat adalah setiap orang memiliki motivasi yang berbeda, namun dengan empati Anda dapat memahami mereka dengan cepat.

6. Memperluas cakrawala

Ketika Anda melihat dunia tidak hanya dari perspektif Anda sendiri, tetapi dari perspektif orang lain, sehingga memungkinkan Anda untuk memperluas cakrawala dengan melihat dunia secara lebih lengkap, tak terduga, dan secara umum menjalani kehidupan yang lebih memenuhi.

(Lifehack.com)