Find Us On Social Media :

Raja Gila Nebukadnezar II: 7 Tahun Mengembara dan Memakan Rumput di Hutan Belantara

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 29 November 2022 | 16:36 WIB

(Ilustrasi) Raja Nebukadnezar II dari Kerajaan Babilonia (604-562 SM) dikenal gila.

Intisari-Online.com - Raja Nebukadnezar II dikenal gila.

Ia bahkan selama 7 tahun mengembara dan memakan rumput di hutan belantara seperti binatang.

Namun tidak ada sumber kuno yang menceritakan riwayat tersebut, kecuali dari kitab Daniel dalam Perjanjian Lama.

Nebukadnezar diceritakan mendapat mimpi yang membuatnya terganggu dan tidak dapat ditafsirkan oleh para penyihir istananya, jadi dia bertanya kepada Daniel.

Daniel merupakan seorang pemuda Yudea yang diasingkan.

Bagi Daniel, mimpi itu jelas: Jika Nebukadnezar tidak bertobat dan menyembah satu-satunya Tuhan yang Maha Esa, dia akan dilanda kegilaan yang akan membuatnya mengembara seperti binatang buas.

Mengutip Howstuffworks.com (2021), kegilaan Raja Nebukadnezar II disebut sebagai hukuman dari keangkuhannya yang mengepung Yerusalem, menjarah emas dan harta benda dari kuil suci di sana.

Ia juga menculik raja Yudea dan menjarah istananya, dan membawa 10.000 perwira, pengrajin serta pekerja terampil ke pengasingan di Babilonia.

Sepuluh tahun kemudian, Raja Nebukadnezar II juga menghancurkan Bait Suci Raja Solomon (Istana Raja Sulaiman dalam Islam) hingga rata dengan tanah.

Para arkeolog telah menemukan puluhan ribu prasasti dan benda-benda bertulisan lainnya dari situs-situs di seluruh Kekaisaran Babilonia kuno.

Prasasti tersebut ditemukan di area  dari Laut Mediterania (sekarang Mesir dan Israel) hingga Teluk Persia (Irak, Iran, dan Kuwait).

Baca Juga: Ramuan Khusus Keperkasaan Raja Jawa yang Punya 45 Gundik, Apa Itu?