Find Us On Social Media :

Studi: Dibandingkan Pria, Wanita Lebih Rentan Kecanduan 'Gadget'

By Esra Dopita M Sidauruk, Senin, 6 Juni 2016 | 14:20 WIB

Studi: Dibandingkan Pria, Wanita Lebih Rentan Kecanduan 'Gadget'

Intisari-Online.com - Sebuah penelitian dari Korea Selatan mengungkapkan, wanita menghabiskan lebih banyak waktu bermain gawai dibandingkan pria. Hal ini memungkinkan pula untuk wanita lebih rentan kecanduan gawai.  

Penelitian ini melibatkan 1.236 siswa dari enam perguruan tinggi yang berbeda di Suwon, Gyeonggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 52% responden perempuan menggunakan gawai mereka setidaknya 4 jam sehara. Sementara itu, pada pria hanya 29,4%.

Para peneliti mengingatkan bahwa ketergantungan pada gawai dapat mempengaruhi kesehatan, seperti meningkatkan kecemasan.

“Pengguna perempuan disarankan untuk menempatkan ponsel mereka di luar jangkauan mereka dari waktu ke waktu,” kata Profesor Jae-Yeon Jang dari Ajou University School of Medicine.

Penelitian yang dilaporkan dalam Public Health Reports juga menunjukkan, peserta wanita sering kali mengintip gawai mereka saat bepergian atau berbicara dengan orang lain. Sedangkan, peserta pria menggunakan gawi mereka ketika beristirahat.

Selain itu, wanita menggunakan gawai mereka untuk sekadar membuat panggilan, bermain game, atau memeriksa situs jejaring sosial, seperti Instagram dan Facebook.

Sebanyak 20,1% responden wanita melaporkan bahwa mereka merasa tidak nyaman ketika tidak dapat menggunakan gawai. Sedangkan, pada peserta pria hanya sekitar hanya 8,9%.

Penelitian mencatat bahwa keinginan wanita untuk berkomunikasi dan membangun jaringan melalui smartphone mereka lebih kuat daripada pria. Keinginan kuat ini mendorong wanita menjadi kecanduan terhadap situs jejaring sosial melalui gawai.

“Kebanyakan wanita tampaknya percaya bahwa hubungan interpersonal dapat dibina melalui internet. Selain itu, wanita lebih sering menggunakan gawai untuk berkomunikasi dengan orang lain, sehingga membuat ketergantungan gawai lebih besar,” ucap Jae-Yeon Jang.

(techtimes.com)