Find Us On Social Media :

Soal PPKN Kelas XII: Mengapa Perlindungan dan Penegakan Hukum Mutlak Harus Dilakukan dalam Sebuah Negara Demokrasi?

By Khaerunisa, Senin, 28 November 2022 | 14:55 WIB

Ilustrasi. Mengapa perlindungan dan penegakan hukum mutlak dilakukan dalam sebuah negara demokrasi.

Intisari-Online.com - Berikut ini penjelasan mengapa perlindungan dan penegakan hukum mutlak dilakukan dalam sebuah negara demokrasi.

Pertanyaan "Mengapa perlindungan dan penegakan hukum mutlak harus dilakukan dalam sebuah negara demokrasi?" terdapat pada halaman 68 buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 12 kurikulum 2013.

Perlindungan hukum menurut Andi Hamzah, dimaknai sebagai daya upaya yang dilakukan secara sadar oleh setiap orang maupun lembaga pemerintah dan swasta yang bertujuan mengusahakan pengamanan, penguasaan dan pemenuhan kesejahteraan hidup sesuai dengan hak-hak asasi yang ada.

Selain itu, Simanjuntak mengartikan perlindungan hukum sebagai segala upaya pemerintah untuk menjamin adanya kepastian hukum serta memberi perlindungan kepada warganya agar hak-haknya sebagai seorang warga negara tidak dilanggar, dan bagi yang melanggarnya akan dapat dikenakan sanksi sesuai peraturan yang berlaku.

Sementara penegakan hukum merupakan syarat terwujudnya perlindungan hukum.

Proses penegakan hukum merupakan salah satu upaya untuk menjadikan hukum sebagai pedoman dalam setiap perilaku masyarakat maupun aparat atau lembaga penegak hukum.

Dengan kata lain, penegakan hukum merupakan upaya untuk melaksanakan ketentuan-ketentuan hukum dalam berbagai macam bidang kehidupan.

Hukum dapat secara efektif menjalankan fungsinya untuk melindungi kepentingan manusia, apabila ditegakkan.

Penjelasan mengenai konsep perlindungan dan penegakan hukum tersebut dibahas pada bab 2 buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mulai halaman 34.

Indonesia adalah negara hukum. Konsekuensi dari Indonesia sebagai negara hukum adalah bahwa dalam segala kehidupan kenegaraan selalu berdasarkan kepada hukum.

Oleh karena itu, proses perlindungan dan penegakan hukum penting untuk dilaksanakan.

Baca Juga: Jawaban Soal PPKn Halaman 117, Jelaskan Pengertian Tata Hukum Indonesia!