Find Us On Social Media :

Berikut Ini Contoh-contoh Perilaku yang Menunjukkan Ketidakpatuhan terhadap Hukum di Lingkungan Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat

By Khaerunisa, Selasa, 22 November 2022 | 19:10 WIB

Ilustrasi. Contoh-contoh perilaku yang menunjukkan ketidakpatuhan terhadap hukum di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Intisari-Online.com - Apa saja contoh-contoh Perilaku yang Menunjukkan Ketidakpatuhan terhadap Hukum di Lingkungan Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat?

Soal "Deskripsikan contoh-contoh perilaku yang menunjukkan ketidakpatuhan terhadap hukum di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat!" terdapat pada halaman 68 buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XII.

Pada Bab 2 buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 12 kurikulum 2013, dipelajari mengenai perlindungan dan penegakan hukum.

Dalam bab tersebut, juga dijelaskan mengenai pelanggaran hukum atau ketidakpatuhan terhadap hukum.

Dijelaskan bahwa pelanggaran hukum yang disebut juga perbuatan melawan hukum, yaitu tindakan seseorang yang tidak sesuai atau bertentangan dengan aturan-aturan yang berlaku.

Dengan kata lain, pelanggaran hukum merupakan pengingkaran terhadap kewajiban-kewajiban yang telah ditetapkan oleh peraturan atau hukum yang berlaku.

Pelanggaran hukum merupakan bentuk ketidakpatuhan terhadap hukum.

Negara Indonesia merupakan negara hukum.

Konsekuensi dari Indonesia sebagai negara hukum adalah bahwa dalam segala kehidupan kenegaraan selalu berdasarkan kepada hukum.

Oleh karena itu, proses perlindungan dan penegakan hukum penting untuk dilaksanakan.

Negara hukum (rechtsstaat) adalah negara yang berlandaskan pada peraturan hukum, guna menjamin adanya keadilan bagi seluruh warga masyarakatnya.

Baca Juga: Soal PPKN Kelas XII: Apa yang Dimaksud dengan Perlindungan dan Penegakan Hukum?