Find Us On Social Media :

Jelaskan Bentuk Perilaku dan Partisipasi Politik yang Dapat Kita Lakukan Sebagai Warga Negara!

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 18 November 2022 | 13:00 WIB

(ilustrasi) Jelaskan Bentuk Perilaku dan Partisipasi Politik yang Dapat Kita Lakukan Sebagai Warga Negara!

Intisari-Online.com Jelaskan bentuk perilaku dan partisipasi politik yang dapat kita lakukan sebagai warga negara.

Pertanyaan tersebut terdapat dalam Uji Kompetensi Bab 3 halaman 98, Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas X Kurikulum 2013, Bab 3 Kewenangan Lembaga-Lembaga Negara Menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Partisipasi politik dapat terwujud dalam bentuk perilaku anggota masyarakat yang berlandaskan pada nilai dan norma yang berlaku.

Jelaskan bentuk perilaku dan partisipasi politik yang dapat kita lakukan sebagai warga negara.

Bentuk perilaku dan partisipasi politik yang dapat kita lakukan sebagai warga negara sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku, seperti berikut iniL

1. Di lingkungan sekolah

Setiap siswa dapat menampilkan pola perilaku politik yang mencerminkan pelaksanaan demokrasi langsung melalui kegiatan seperti:

- Pemilihan ketua kelas, ketua OSIS dan ketua organisasi ekstrakurikuler seperti Pramuka, Pecinta Alam, PMR, Paskibra, dan sebagainya.

- Pembuatan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga OSIS atau organisasi ekstrakurikuler yang diikuti.

- Forum-forum diskusi atau musyawarah yang diselenggarakan di sekolah.

Dalam pelaksanaan demokrasi tidak langsung, siswa dapat menyampaikan aspirasi dan pendapatnya melalui usulan dan saran yang ditujukan kepada pejabat sekolah atau pejabat pemerintahan.

Cara lain bisa dengan membuat artikel yang berisikan aspirasi siswa yang dimuat di majalah dinding, buletin sekolah, dan sebagainya.