Find Us On Social Media :

Demi Sehat Mental dan Fisik, Kita Perlu Belajar Penguasaan Diri (1)

By Tika Anggreni Purba, Sabtu, 30 Juli 2016 | 08:00 WIB

Demi Sehat Mental dan Fisik, Kita Perlu Belajar Penguasaan Diri (1)

Intisari-Online.com—Penguasaan (pengendalian) diri adalah kemampuan untuk mengatasi dorongan dan keinginan dalam diri (Mischel, 2014). Penguasaan diri merupakan kekuatan dan kunci vital untuk menjalani kesuksesan hidup sehari-hari. Yuk, simak manfaat baik dari penguasaaan diri!

1. Penguasaan diri menolong kita untuk mencapai tujuan jangka panjang

Untuk mencapai berbagai tujuan jangka panjang, seseorang harus mampu menolak segalam godaan sesegera mungkin. Artinya, kita harus mampu mengendalikan diri secara cepat. Contohnya: Saat merasa takut, segeralah mencari cara agar keluar dari ketakutan. Saat tergoda untuk malas dan menyerah, kemampuan pengendalian diri akan menolong Anda untuk keluar dari fase itu.

 2. Penguasaan diri menghilangkan rasa cemas dan khawatir

Ketika seseorang mengalami emosi yang negatif, mereka akan diganggu dengan berbagai hal yang membuatnya tidak bisa fokus. Mampu mengalihkan perhatian dari hal-hal yang tidak berguna merupakan tanda pengendalian diri yang baik. Fokuslah pada hal-hal yang relevan dan penting bagi hidup.

Penelitian membuktikan bahwa orang yang memiliki pengendalian diri yang baik dapat mengatasi kecemasan dan kekhawatiran dengan baik.

3. Penguasaan diri mengurangi ketergantungan

Apakah Anda sedang bergantung pada rokok, pornografi, dan game? Maka Anda perlu meningkatkan kemampuan pengendalian diri. Karena biasanya seseorang yang candu/tergantung pada suatu benda memiliki perilaku yang impulsif dan irasional.

4. Penguasaan diri mencegah obesitas

Kemampuan untuk mengendalikan diri juga berhubungan dengan obesitas. Penguasaan diri yang tidak baik membuat seseorang tak bisa menahan diri untuk makan berbagai jenis makanan. Apalagi jika stres melanda, maka keinginan untuk makan semakin menjadi. Hal ini bisa diatasi dengan belajar pengendalian diri.

(psychologytoday.com)