Find Us On Social Media :

Inilah 5 Tanda Tak Biasa Saat Kita Sedang Kekurangan Vitamin

By Tika Anggreni Purba, Kamis, 12 Mei 2016 | 10:00 WIB

Inilah 5 Tanda Tak Biasa Saat Kita Sedang Kekurangan Vitamin

Intisari-Online.com — Saat ini, tren diet semakin menggiurkan banyak orang. Berbagai macam diet dilakukan. Sayangnya, tanpa disadari, ada beberapa proses diet yang membuat kita kekurangan nutrisi, termasuk vitamin.

Tentunya ada beragam dampak buruk jika kondisi kekuranga vitamin tersebut terus berlangsung. Untuk itu, kita perlu mengenali tanda-tanda tubuh kita sedang kekurangan vitamin berikut ini:

Tanda 1: Kerak (bahkan sampai luka) di sudut mulut

Kemungkinan besar terjadi kekurangan zat besi, zink, vitamin B3, Vitamin B2, dan Vitamin B12. Biasanya vegetarian sering mengalami kekurangan zat tersebut.

Untuk mengatasinya konsumsi lebih banyak salmon, tuna, telur, lobak, ayam, dan kacang-kacangan. Kombinasikan dengan brokoli, kale, dan sayur-sayuran yang mengandung zat besi.

Tanda 2:  Ruam merah dan bersisik di wajah serta rambut rontok

Mungkin tubuh Anda cukup untuk vitamin A,D,E,K yang dapat larut dalam lemak. Namun tidak memenuhi kebutuhan vitamin B yang larut dalam air yang menyebabkan ruam merah dan bersisik tersebut. Kekurangan vitamin B7 sebagai vitamin yang baik untuk rambut bisa menyebabkan rambut rontok.

Kondisi isi bisa diatasi dengan mengonsumsi telur matang, salmon, avokad, jamur, kacang-kacangan, pisang, dan kedelai.

Tanda 3: Jerawat merah atau putih di lengan, paha, pipi, dan bokong

Merupakan tanda kekurangan vitamin A, vitamin D, dan Asam lemak. Kita bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat. Kurangi konsumsi makanan berlemak apalagi yang mengandung lemak jenuh.

Misalnya makanan yang mengandung lemak nabati dari salmon dan sarden, kacang almon, dan biji-bijian. Untuk menambah vitamin A, kita bisa mengonsumsi sayuran berwarna seperti wortel, kentang, dan paprika. Jika perlu, kita bisa mengonsumsi suplemen vitamin D.

Tanda 4: Kesemutan, ngilu, dan mati rasa di tangan dan kaki atau di bagian tubuh lain