Find Us On Social Media :

Ini Dia, Enam Cara Sederhana untuk Mecegah Kanker Menurut Para Ahli

By Ilham Pradipta M., Selasa, 17 Mei 2016 | 10:00 WIB

Ini Dia, Enam Cara Sederhana untuk Mecegah Kanker Menurut Para Ahli

Intisari-Online.com – Kanker merupakan suatu penyakit yang cukup menakutkan. Apalagi bila kanker telah berkembang menjadi stadium lanjut.Tapi sebenarnya kanker bisa dicegah bila kita menerapkan gaya hidup yang sehat. Nah, ini dia cara sederhana mencegah kanker menurut para dokter kanker.

1. Kurangi gula dan junk foodFungsi hati kita akan terganggu bila mengonsumsi gula dan junk food dalam jumlah yang berlebihan. Akibatnya, akan menimbulkan kerusakan hati dan risiko kanker hati. Menurut Homayoon Sanati, ,medical director di MemorialCare Breast Cancer Center at Orange Coast, California, kerusakan hati merupakan penyebab utama dari kanker hati. Penderitanya pun meningkat dari tahun ke tahun.

2. Diet mediteraniaBeberapa studi mengatakan kalau diet mediterania dapat membantu untuk mencegah kanker. Hal ini disebabkan karena diet mediterania dilengkapai dengan minyak zaitun yang dapat mencegah kanker.

Menurut Matthew McCurdy,  radiation oncologist di Austin Cancer Center, diet mediterania akan lebih baik bila diiringi dengan membatasi konsumsi gula halus, karbohidrat olahan, lemak jenuh, dan bahan kimia beracun.

3. Pemeriksaan rutinPemeriksaan rutin sangat penting untuk mengetahui kondisi tubuh kita. Ia juga bisa menjadi ‘pengawas’ dari timbulnya penyakit kanker. Justin Piasecki, skin cancer surgeon mengatakan, penyakit kanker juga banyak disembuhkan, atau memiliki hasil yang lebih baik ketika ditangani lebih awal.

4. VaksinasiKebanyakan orang tidak menyadari kalau virus tertentu dapat menyebabkan kanker. Padahal, terdapat vaksin khusus untuk mencegah beberapa jenis kanker. Seperti betapa pentingnya untuk mendapatkan vaksin serviks agar terhindar dari penyakit tersebut.

5. Mempertahankan berat badanObesitas telah dikatikan dengan berbagai jenis kanker. N ah, untuk memastikan berat badan yang sehat dapat kita tempuh melalui olahraga dan latihan fisik yang teratur.

Menurut Peter Shields,  ahli kanker The Ohio State University Comprehensive Cancer Center and lung oncologist, cara lainnya yang dapat kita lakukan adalah mendapatkan tidur yang cukup dan mengonsumsi makanan rendah karsinogen.

6. Menggunakan tabir suryaHubert Greenway, ahli kanker kulit mengatakan,  Sunscreen (tabir surya) merupakan pertahanan pertama, tapi bukan satu-satunya cara untuk melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Jadi, Cobalah untuk menggunakan tabir surya bila kita banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Cara lain yang bisa kita lakukan seperti menggunakan kacamata hitam atau topi untuk meminimalkan  paparan UV terhadap tubuh.

(Rd.com)