Find Us On Social Media :

Perpanjang Usia, Salah Satu Khasiat dari Minyak Zaitun

By Ilham Pradipta M., Selasa, 17 Mei 2016 | 10:30 WIB

Perpanjang Usia, Salah Satu Khasiat dari Minyak Zaitun

Intisari-Online.com – Minyak zaitun memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Khasiat yang sudah dikenal seperti meningkatkan kesehatan jantung. Minyak yang kaya akan vitamin ini juga baik bagi kesehatan kulit kita. Lalu, apa lagi manfaat dari minyak zaitun bagi tubuh?

1. Memperpanjang usiaOrang Yunani telah mengonsumsi minyak zaitun lebih banyak dari orang di negara lain. Sekitar 26 liter perorang tiap tahunnya. Selain itu, minyak yang biasanya diiringi dengan diet mediterania ini dikaitkan dengan turunnya risiko kanker dan jantung. Ia juga dapat meminimalkan risiko penyakit parkinson dan alzheimer. Nah, minyak zaitun juga memiliki potensi untuk memperpanjang harapan hidup kita.

2. Menjaga dari makan berlebihSebuah studi dari German Research Center for Food Chemistry menunjukkan, bahwa hanya dengan mencium minyak zitun extra virgin, dapat menyebabkan rasa kenyang pada perut kita. Nah, kita bisa menambahkan aroma itu ke makanan melalui ekstrak aromatik. Tujuan jelas, menurunkan jumlah kalori yang kita konsumsi.

Bagi kita yang gemar mengonsumsi yoghurt, cobalah untuk mengombinasikannya dengan minyak ini. Yoghurt yang diperkaya dengan minyak zaitun dapat meningkatkan tingkat seratonin dalam tubuh. Hormon inilah yang membuat tubuh menjadi kenyang.

3. Kaya lemak sehatBagi kita yang mulai bosan dengan mentega, sebenarnya bisa menggunakan minyak zaitun sebagai alternatifnya. Hal itu bukan saja dapat menjaga kita dari makan berlebih. Tapi ia juga bisa membunuh lemak jenis dan kolestrol jahat pada makanan. Tentu saja menggantinya dengan lemak sehat yang terkandung di dalamnya. Lemak sehat inilah yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh kita.

4. Membersihkan jerawatMungkin terdengar agak aneh. Tapi banyak orang yang mengaku kalau minyak zaitun dapat membersihkan wajah dari jerawat. Caranya, dengan mencampur empat sendok makan dan tiga sendok garam minyak zaitun. Lalu, tuanglah campuran itu ke tangan dan basuh pada wajah kita. Biarkan selama satu atau dua menit. Kemudian, bilaslah dengana air hangat. Untuk hasil terbaik, gunakanlah setiap hari selama satu minggu. Lalu kurangi hingga tiga kali selama satu minggu.

(Rd.com/Perri O. Blumberg)