Find Us On Social Media :

Enam Cara Menekan Risiko Hipertensi: Tidur Tujuh Jam (1)

By Esra Dopita M Sidauruk, Sabtu, 28 Mei 2016 | 06:00 WIB

Enam Cara Menekan Risiko Hipertensi: Tidur Tujuh Jam (1)

Intisari-Online.com - Salah satu cara efektif untuk menekan risiko atau mengontrol tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah dengan menjalankan gaya hidup sehat. Bahkan, melalui gaya hidup sehat, Anda juga dapat mengurangi kebutuhan obat-obatan untuk mengontrol tekanan darah. Berikut ini adalah enam cara menekan hipertensi, yang dapat Anda lakukan:

Orang yang tidur lima jam atau kurang dari tujuh jam memiliki risiko lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi atau hipertensi dibandingkan mereka yang tidur tujuh jam semalam. Seiring waktu, kurang tidur bisa menurunkan kemampuan tubuh Anda untuk mengatur hormon stres, yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Ini bukan hanya berapa banyak Anda tidur, tetapi kualitas tidur malam juga dapat mempengaruhi risiko tekanan darah.

Mengonsumsi garam membuat tubuh menjadi menahan air. Jika mengonsumsi garam terlalu banyak, maka akan meningkatkan jumlah air dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan tekanan darah. Tak hanya itu, kelebihan berat badan dan asupan garam yang tinggi juga dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Makan itu, agara menjauhkan diri dari daging olahan dan ikan yang tinggi garam.

Department of Health and Human Services merekomendasikan, setidaknya 150 menit seminggu aktivitas aerobik sedang atau 75 menit seminggu aktivitas aerobik yang kuat dapat menekan risiko tekanan darah tinggi. Aktivitas fisik yang teratur membuat jantung lebih kuat. Jantung yang kuat dapat memompa lebih banyak darah dengan sedikit usaha. Tapi untuk mempertahankan tekanan darah normal, Anda tetap perlu berolahraga secara teratur. Dibutuhkan sekitar satu sampai tiga bulan agar latihan berdampak pada tekanan darah.