Find Us On Social Media :

Enam Cara Menekan Risiko Hipertensi: Meditasi 10 Menit (2)

By Esra Dopita M Sidauruk, Sabtu, 28 Mei 2016 | 06:30 WIB

Enam Cara Menekan Risiko Hipertensi: Meditasi 10 Menit (2)

Intisari-Online - Salah satu cara efektif untuk menekan risiko atau mengontrol tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah dengan menjalankan gaya hidup sehat. Bahkan, melalui gaya hidup sehat, Anda juga dapat mengurangi kebutuhan obat-obatan untuk mengontrol tekanan darah. Berikut ini adalah enam cara menekan hipertensi, yang dapat Anda lakukan:

Sebetulnya, stres merupakan sistem alarm alami tubuh. Ketika stres, hormon adrenalin terlepas, sehingga menyebabkan pernapasan menjadi cepat, denyut jantung serta tekanan darah meningkat. Menurut sebuah penelitian terbaru, memiliki sikap positif terhadap kehidupan, menjaga pikiran bebas dari stres, kecemasan, dan bersantai dapat membuat tekanan darah menjadi normal dan menangkal hipertensi. Selain itu, melalui meditasi dapat membantu mendapatkan tidur lebih baik, sehingga dapat menekan risiko tekanan darah tinggi.

Penelitian membuktikan bahwa diet kaya buah-buahan dan sayuran yang dikombinasikan dengan makanan susu rendah lemak secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah, terutama pada pasien hipertensi. Seperti diketahui, buah dan sayuran kaya dengan vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk menjaga tubuh dalam kondisi baik.

Mereka yang memiliki berat badan berlebih memiliki peningkatan jaringan lemak dan meningkatkan resistensi pembuluh darah, yang pada gilirannya meningkatkan kerja jantung. Jika Anda kelebihan berat badan, maka Anda harus menghilangkan 2-3 kg, sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu makan lebih sedikit kalori.